Pro-kontra Pengoperasian Terminal Tanjung Pinggir

0
360
Pro-kontra Pengoperasian Terminal Tanjung Pinggir

Paradep : Terminal tanjung pinggir masih rawan

PEMATANGSIANTAR – Setelah sekian lama tidak difungsikan, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, kembali memutuskan untuk mengaktifkan Terminal Tanjung Pinggir Kota Pematangsiantar.

Keputusan pengaktifan kembali Terminal Tanjung Pinggir Kota Pematangsiantar oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Perhubungan Darat, mulai menuai pro dan kontra dikalangan masyarakat dan pengusaha angkutan.

Setiap angkutan umum seperti bus Antar Kota Dalam Propinsi (A-K-D-P) dan bus Antar Kota Antar Propinsi (A-K-A-P) dan angkutan pedesaan, harus menurunkan dan menaikkan penumpang di Terminal Tanjung Pinggir.

Masyarakat dan pengusaha beralasan masih minimnya fasilitas dan lokasi yang dinilai cukup jauh menjadikan terminal kurang efektif dalam pengoperasiannya.

Pro-kontra Pengoperasian Terminal Tanjung Pinggir

Paradep , salah seorang pengusaha bus mengaku dengan pengoperasian Terminal Tanjung Pinggir tersebut, dirinya merasa sangat dirugikan, dengan alasan penumpang kucar kacir tidak tau mau kemana.

“Kita pernah dapat penumpang bule (WNA,red) dari Kualanamu mau ke Parapat, karena mereka diturunkan di terminal Tanjung Pinggir, mereka minta uang kembali,” ujar Paraped.

Paradep juga mengatakan Terminal Tanjung Pinggir masih rawan dan fasilitas minim.

Sementara pihak terminal tanjung pinggir, John Liben Saragih selaku Humas mengatakan, pihaknya akan tetap menerapkan peraturan terkait menaikkan dan menurunkan penumpang baik terhadap AKDP, AKAP, serta Angdes. Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Nomor  15 Tahun 2019 pasal 38 ayat b dimana angkutan antar lintas dan batas negera, menaikkan dan menurunkan penumpang harus berasal dari terminal.  John Liben Saragih mengaku, ada sekitar 40 armada telah melapor guna dapat mendirikan loket sementara di Terminal Tanjung Pinggir. Kedepannya pihaknya akan memastikan Terminal Tanjung Pinggir akan beroperasi penuh baik menurunkan dan menaikkan penumpang. (Joe Ambarita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here