Pemkab Simalungun Pusatkan Perayaan HUT RI di Pantai Bebas Parapat

0
167

SIMALUNGUN, SUMUTMEDIA.net – Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 72 di Kabupaten Simalungun, akan dipusatkan di pantai Bebas Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Serangkaian kegiatan akan di gelar dalam menyambut HUT RI di Kabupaten Simalungun, dimulai dari tanggal 14 sampai tanggal 17 Agustus 2017.

Mengawali HUT RI Pemkab Simalungun juga gelar upacara di Pantai Bebas Parapat.

Dalam memeriahkan perayaan ini, Pemerintah Kabupaten Simalungun akan menyiapkan sebesar Rp200 juta untuk hadiah dalam perlombaan.

Adapun perlombaan yang akan digelar adalah perlombaan Solu, Jet Sky, lari Marathon sepanjang 17 KM, gebuk bantal dan di puncak acara Pemkab akan menyiapkan 6 batang perlombaan panjat pinang, atraksi eksebisi Jet Sky, atraksi pesawat Sukhoi serta penampilan band lokal dan artis band Republik.

Untuk lomba lari marathon 17 kilometer yang diikuti oleh pria dan wanita ini maka hadiah yang disiapkan yakni sebesar Rp10Juta untuk juara pertama, juara kedua sebesar Rp7,5 juta, sedangkan juara ketiga Rp5 juta. Hadiah ini juga berlaku untuk solu pardua-dua atau lomba dayung.

Sementara untuk lomba gebuk bantal berhadiah Rp3 juta untuk juara pertama, juara kedua Rp2 juta dan juara ketiga Rp1 juta.

Kemudian, untuk lomba jet ski sebesar Rp30 juta juara pertama, juara kedua Rp25 juta dan buat juara ketiga sebesar Rp20 juta.

Menurut Ketua Pelaksana kegiatan, Marolop Silalahi, mengatakan pemusatan kegiatan di pantai bebas Parapat selain berimbas pada meningkatnya pengunjung yang datang, juga berimbas pada meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Simalungun.

“Target utama kita memperkenalkan Danau Toba khususnya Parapat kepada masyarakat, dan tentunya juga acara ini akan meningkatkan PAD Kabupaten Simalungun,” Ujar Marolop Silalahi, Selasa (8/8/2017).

Marolop juga mengatakan, selain masyarakat Simalungun yang akan datang, dipastikan juga akan di meriahkan orang dari luar daerah Simalungun.

“Kita perkirakan 20 ribu orang akan datang ke Parapat pada puncak acara, apalagi nantinya akan ada atraksi pesawat Sukhoi dan penampilan band Republik,” ucapnya.

Seusai acara HUT RI, Pemkab Simalungun juga akan menyelenggarakan acara Budaya pesta Rondang Bintang, yang dipusatkan di pantai bebas pada tanggal 18 Agustus 2017.

Penulis : Kevin Sinaga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here