Polres Karo Gelar Apel Kesiapan Pasukan Menghadapi Hari Raya Idul Fitri

0
164

 KARO, SUMUTMEDIA.net – Menjelang hari Raya Idul Fitri 1437 H, Polres Karo menggelar apel kesiapan pasukan dalam menghadapi Operasi Ramadaniya 2016 di halaman Mapolres Karo, Kamis (30/6/2016) diikuti ratusan personil gabungan TNI/Polri, Petugas Satpol PP dan Dishub Karo serta para Pramuka.

Kapolres Karo AKBP Pangasian Sitio Sik, bertindak sebagai komandan apel menyampaikan amanat Kapolri bahwa aktifitas perayaan hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi dan budaya masyarakat Indonesia. Yang mana apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan akhir personil beserta kelengkapannya baik dari Polri maupun unsure terkait.

“Selama ini Sandi Operasi dalam rangka pengamanan Idul Fitri dikenal dengan Operasi Ketupat. Sementara tahun ini berubah menjadi Ramadniya singkatan dari Ramadan dan Hari Raya yang mengandung arti harafiah suci, adil dan sempurna yang akan dilaksanakan selama 16 hari dimulai tanggal 30 Juni-15 Juli,” ujar Kapolres.

Melalui kegiatan ini sesuai dengan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Badrodin Haiti diharapkan rencana operasi yang telah dipersiapkan dengan matang dapat dilaksanakan dengan baik dan sinergis bersama stakeholder terkait. Agar situasi kamtibmas maupun Kamseltibcar terwujud. Sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan aman dan nyaman. Sekaligus meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Demi mengoptimalkan pelaksanaan Operasi Ramadniya 2016, beliau (Kapolri) menginstrusikan seluruh personel agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, memperiapkan kondisi fisik dan mental, serta seluruh sarana dan perlengkapan pendukung. Kemudian, laksanakan tugas secara tulus, ikhlas, dan penuh semangat, berikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Lakukan tindakan proaktif dan antisipatif dengan melibatkan seluruh unsur kepolisian dan unsure terkait Pemda. Serta mengedepankan kerjasama dan sinergitas lintas sektoral.

Usai menggelar apel kesiapan pasukan, Kapolres Karo AKBP Pangasian Sitio, Sik kepada wartawan mengatakan, ada tiga Pospam dan satu Posyan yang sudah didirikan yaitu di Penatapan (Desa Doulu), Tugu Juang (Berastagi) dan Tigapanah. Sementara Posyan (Pos Pelayanan) tepat di seberang hotel Mickey Holiday Berastagi. “Di Posyan itu tidak ada penilangan, siapapun yang lewat dan butuh bantuan tetap dilayani,” ujarnya.

Sedangkan Pospam bertujuan untuk operasi kemanusiaan dengan pengamanan lengkap seperti pengaturan jalur demi kelancaran Kamseltibcar. “Kita juga akan buat satu titik Pospam di Mapolres dengan pasukan khusus siaga. Seluruh personil berjumlah 427 orang diturunkan dan tetap siaga.

Pantauan wartawan, sebelum apel kesiapan personil. Kapolres Karo juga menggelar apel Corp Raport kenaikan pangkat kepada 70 orang personil Polres Karo. Turut hadir dalam apel kesiapan pasukan Wakil Bupati Karo cory Sebayang, Kajari Kabanjahe, ketua PN Kabanjahe, Kadis Perhubungan, Direktur Jasa Raharja, ketua Organda dan elemen masyarakat. (Charles Ginting)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here