JR Saragih Resmi Buka Lomba Binter Tingkat Kodim ke-20 di Simalungun

0
151

SIMALUNGUN, SUMUTMEDIA.net – Kegiatan penilaian lomba Binter tingkat Kodim ke-XX kategori utama TA. 2016-2017 di Kodim 02/07 Simalungun resmi dibuka Bupati Simalungun JR Saragih di Kodim 02/07 Simalungun.

Di lomba tersebut, kemeriahan ini juga diwarnai oleh bakti sosial yang dilakukan oleh Pemerintahan Kabupaten Simalungun yakni pasar murah, pengobatan gratis, pelayanan Keluarga Berencana, pelayanan catatan sipil, lomba tarian Tai Toba Maulid tingkat SMA se Kabupaten Simalungun tingkat Kodim 02/07 Simalungun.

Tak itu saja, selain Bupati Simalungun JR Saragih, dalam pembukaan tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Penilaian dari Pusterat Lomba Binter ke-XX Kolonel Infantri Sugiyono TNI AD, Wakil Ketua Tim Penilaian dari Pusterat Lomba Binter ke-XX Letkol Suhartono, Anggota Tim Tim Penilaian dari Pusterat Lomba Binter ke-XX Mayor Windi Ismail, Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf. Oni Kristiono Goendong, Tokoh agama Islam Simalungun Syekh Muda H Ahmad Syakban Arrahmani hingga tokoh Masyarakat Paujana Simalungun.

Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf. Oni Kristiono Goendong mengatakan setiap tahun lomba ini menjadi kegiatan untuk dipertandingkan dari seluruh angkatan darat seluruh Indonesia.

“Kodim 02/07 Simalungun dipercaya menjadi perwakilan dari Kodam satu Bukit Barisan yang ada di Simalungun yang akan melakukan pertandingan,” jelasnya di kegiatan penilaian lomba binter tingkat Kodim ke-XX kategori utama TA. 2016-2017 di Kodim 02/07 Simalungun di jalan Jhon Horailam Saragih, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (15/5/2017).

Diakuinya, Binter merupakan singkatan dari Pembinaan Teritorial yang fungsinya bagaimana bidang program teritorial ini bisa diterapkan dan dilaksanakan kepada masyarakat.

“Pengertian teritorial di sini adalah bagaimana hubungan kedekatan tentara dengan rakyat. Di dalam lomba Binter terdapat pertandingan administrasi satu hingga lima, program teritorial di koramil-koramil, hingga pembinaan teritorial unggulan khususnya di desa,” lanjutnya lagi.

Sementara itu, Ketua Tim Penilaian dari Pusterat Lomba Binter ke-XX Kolonel Infantri Sugiyono TNI AD berpendapat setiap Kodam menjagokan kodimnya masing-masing. Untuk Kodim 02/07 Simalungun menjadi yang terbaik dari empat propinsi yang ada di Sumatera dari Kodam Satu Bukit Barisan.

“Nantinya, Kodim ini akan bertanding melawan 13 Kodim yang ada di Indonesia, diantaranya dari Subang Aceh, Lombok Timur, Muntok, Jayapura, Samarinda,” paparnya.

Bupati Simalungun JR Saragih sangat mengapresiasi lomba ini, terlebih dirinya berharap agar Kodim di wilayahnya bisa membawa nama baik Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara sehingga bisa dikenal lebih baik di kedepannya.

“Kehadiran Kodim sangat membantu Simalungun, karena sangat bermasyarakat sehingga hubungan Kodim, Polres serta Pemkab sangat harmonis. Pembangunan juga terus dilakukan. Kita bersyukur karena seluruh pejabat TNI karena Kodim ini maka Simalungun sering dikunjungi,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here