Maruli Hutapea Resmi Gantikan Eliakim Simanjuntak sebagai Ketua DPRD Siantar

Penyerahan SK Pergantian Ketua DPRD oleh Ketua DPD Demokrat Sumut kepada PLT Ketua DPC Siantar.
SIMALUNGUN, SUMUTMEDIA.net – Pergantian terjadi pada Ketua DPRD Kota Pematangsiantar, Eliakim Simanjuntak yang diganti oleh Maruli Hutapea. Hal ini diutarakan oleh Plt. Ketua DPC Demokrat Siantar Ronny Reinaldo Situmorang.

Menurut Plt. Ketua DPC Demokrat Siantar Ronny Reinaldo Situmorang, pergantian tersebut telah sesuai dengan Surat Keputusan DPP Demokrat nomor 105 per tanggal 24 Agustus 2017.

Pergantian dari Eliakim Simanjuntak kepada Maruli Hutapea ini sesuai dengan keputusan DPP Demokrat yang direkomendasikan oleh DPC Demokrat Sumatera Utara yang menilai stabilitas dan kinerja Ketua DPRD Siantar Eliakim Simanjuntak kurang maksimal,” ucapnya usai rapat pelantikan DPC dan Musacab Partai Demokrat di Simalungun City Hotel, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (24/9/2017).

Diakuinya, setelah adanya surat keputusan tersebut maka Senin 25 September 2017 maka akan membuat surat pengantar yang nantinya dikirimkan ke DPRD Siantar agar segera DPRD melalui walikota yang selanjutnya meneruskan kepada Gubernur untuk mengeluarkan Surat Keputusan.

“Kita melihat bahwa dari kasus sidang paripurna perihal Alat Kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (AKD) terjadi pengotakan sehingga disitu kami melihat Ketua DPRD Eliakim Simanjuntak tidak bisa melakukan kerjasama yang baik sehingga terjadi kekisruhan dan mendapat masukan perlu dilakukan penyegaran karena Siantar merupakan kota barometer politik Sumatera Utara terlebih Demokrat Siantar memenangkan dua kali pilkada dan legislatif,” tegasnya.

Ronny Reinaldo Situmorang beranggapan bahwa pihaknya sudah mensosialisasikan kepada Eliakim Simanjuntak. Baginya, sebagai kader bisa menerima keputusan dari Partai Demokrat.

“Tujuannya adalah tolak ukur Demokrat guna membuat kemajuan Partai Demokrat di Siantar. Kemudian sebagai penggantinya yakni Maruli Hutapea dinilai telah memumpuni sebagai Ketua DPRD Siantar terlebih beliau pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Siantar,” lanjutnya.

Sementara itu, di tempat terpisah Eliakim Simanjuntak mengatakan tidak ada masalah jika dirinya harus diganti karena persoalan ini adalah persoalan yang biasa terjadi di sebuah partai.

“Ini kan hanyalah soal jabatan saja dan bila harus diganti maka harus diikuti aturan tersebut tentunya Partai Demokrat memiliki penilaian apalagi ini untuk kemajuan jadi sudah sepantasnya untuk diterima. Bagi saya tidak masalah,” katanya.

Di sisi lain, Maruli Hutapea beranggapan bahwa pemilihan dirinya sebagai Ketua DPRD Siantar yang baru merupakan amanah dari Alm. Hulman Sitorus Walikota Siantar yang menginginkan pergantian.

“Dari 2009-2014 pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Siantar, buat saya ini tidak ada persoalan yang pasti komunikasi dan hubungan itu harus dijaga dengan baik agar kondisi selalu kondusif bukan gontok-gontokan,” tukasnya.

Penulis : Kevin Sinaga

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR