SIMALUNGUN, SUMUTMEDIA.net – Setelah melakukan pengibaran bendera merah putih sebagai tanda perayaan kemerdekaan Indonesia ke-72 di Pantai Bebas, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Kini, kembali dilaksanakan upacara penurunan bendera merah putih.
Pelaksanaan upacara penurunan bendera ini seakan membuat matahari terbenam atau sunset ikut serta dalam pelaksanaan tersebut.
Penurunan bendera ini dilangsungkan dengan hikmat, dalam penurunan bendera merah putih perubahan juga dilakukan dari sisi Inspektur Upacara saja melainkan dari Komandan Upacara hingga paskibraka yang bertindak sebagai pelaksana penurunan bendera pun juga ikut berubah formasinya.
Jika pada upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke-72 inspektur upacara adalah Bupati Simalungun JR Saragih, namun dalam pelaksanaan penurunan bendera merah putih, maka Danrem 022/ PT Kolonel Arm. Khoirul Hadi bertindak sebagai inspektur upacara penurunan bendera.
Meski tak menjadi inspektur upacara, Bupati Simalungun JR Saragih ikut serta hadir di pelaksanaan penurunan bendera merah putih tersebut.
Kemudian, untuk Komandan Upacara dilakukan oleh Mayor Inf. Yudi Yanto Rindam 1 BB. Di sini, terlihat pasukan paskibraka dengan jumlah 47 orang tidak berubah termasuk pasukan Yonif 122/TS.
Adapun siswa yang melakukan penurunan bendera juga berubah formasi dari sisi tengah dan kiri yakni Yosef Orlando Damanik dari SMA Plus Efarina (kanan), Zekky Evander Siahaan dari SMAN 1 Damanik (tengah), Alpandi Saragih dari SMK Plus PMS Raya (kiri).
Perubahan juga tampak terlihat pada pembawa bendera merah putih, di mana saat upacara pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh Aulia Novisyah siswi SMAN 1 Dolok Batu Nanggar, sementara dalam penurunan bendera merah putih dilakukan oleh siswi SMA Plus Efarina Gabriela Grace Silalahi.
Selepas melakukan penurunan bendera merah putih, kemudian bendera tersebut dibawa oleh siswi SMA Plus Efarina Gabriela Grace Silalahi yang kemudian diserahkan kepada inspektur upacara yang selanjutnya bendera pusaka tersebut akan disimpan, Kamis (17/8/2017).
Terakhir, Komandan Upacara Mayor Inf. Yudi Yanto Rindam 1 BB melaporkan kepada Danrem 022/ PT Kolonel Arm. Khoirul Hadi bertindak sebagai inspektur upacara bahwa penurunan bendera telah selesai dilaksanakan.
Penulis : Kevin Sinaga

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR