Peringati Hari Anak Sedunia dan Hari Lahir Pancasila, Guru Lanny Jaya Gelar Kegiatan

Guru Lanny Jaya Gelar Hari Anak Dunia dan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017.

LANY JAYA, SUMUTMEDIA.net – Selain memperingati hari lahirnya Pancasila, 1 Juni juga diperingati sebagai hari Anak Internasional. Secara Internasional Hari Anak atau Childern’s Day diperingati setiap tanggal 1 Juni. Hari Anak merupakan event penting yang peringatannya memiliki tanggal yang berbeda-beda setiap negara. Perayaan sekaligus hari besar ini bertujuan untuk menghormati hak-hak bagi seluruh anak di dunia.

Hari peringatan yang juga ditujukan sebagai Hari Internasional untuk Perlindungan Anak-anak ini telah dirayakan pertama kalinya di sekitar tahun 1950-an oleh 51 negara seluruh dunia. Meski demikian, kesepakatan 1 Juni sebagai Hari Anak Internasional mulai terbangun dalam konvensi International Women Democratic Federation di Moskow, 1949.

Pada hari Anak Dunia dan Hari Lahir Pancasila, Guru-guru Kabupaten Lanny Jaya turut serta mengambil andil dalam melaksanakan kegiatan “Hari Anak Dunia dan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017”. Kegiatan yang akan dilangsungkan bertema “Sejuta Ekspresi, Kreatifitas dan Rasa Cinta Tanah Air Anak Lanny Jaya”. Adapun bentuk dari kegiatan yang akan dilangsungkan dalam acara nanti adalah siswa-siswi dari TK/PAUD, SD, SMP, SMA/SMTK akan menunjukkan kemampuannya berkreasi berupa mewarnai gambar (TK/PAUD), Mengucap Teks Pancasila dan Melukis (SD), Membaca Teks Undang-Undang Dasar 1945 dan Melukis (SMP), Vocal Group dan Melukis (SMA/SMTK).

“Tujuan dari kegiatan ini adalah Meningkatkan rasa percaya diri anak (siswa-siswi Kabupaten Lanny Jaya),  menstimulasi bakat dan kreativitas anak-anak, terbentuknya pribadi yang berani mengekspresikan diri dengan kegiatan yang positif di depan umum, meningkatkan kreativitas siswa-siswi Kabupaten Lanny Jaya, menggugah hati orang tua untuk lebih memperhatikan potensi, minat dan bakat yang dimiliki anak-anaknya, meningkatkan knowledge anak-anak tentang Sejarah Lahirnya Pancasila yang memiliki nilai-nilai kebangsaan,” Kata Ketua Panitia, Lertina Manik, kepada wartawan, Rabu (31/5/2017).

Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Lanny Jaya, Aletinus Yigibalom, yang juga ikut dalam kegiatan ini turut mengapresiasi serta mendukung kegiatan hari Anak Dunia dan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan oleh panitia.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini, kegiatan tersebut ide yang sangat kreatif. Semoga melalui kegiatan ini, anak-anak yang ada di Kabupaten Lanny Jaya semakin berkembang dengan baik, kami Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Lanny Jaya, selalu mendukung kegiatan yang positif untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Lanny Jaya,” ujar Aletinus Yigibalom.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait, menyampaikan hari Anak Internasional merupakan momentum bagi seluruh komponen masyarakat untuk bisa menjaga anak dari segala bentuk perlakuan diskriminatif.

“Dalam momentum peringatan hari anak ini, saya mengajak seluruh komponen masyarakat, keluarga dan orang tua bersama-sama mewujudkan kesejahteraan anak dengan menghormati hak-hak anak dan memberikan jaminan terhadap pemenuhannya tanpa perlakuan diskriminatif,” kata Sekda.

Ia juga menyampaikan, Pemerintah Daerah Lanny Jaya sebagai pelayan masyarakat tetap menjadi garda terdepan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya di daerah Lany Jaya.

“Pemerintah Daerah Lanny Jaya selau optimis untuk menggugah dan meningkatkan kesadaran masyarakat, bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa dan oleh karena itu kepada anak perlu diberikan bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tutupnya.

Penulis : Bozton

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR