Pangkostrad Pimpin Upacara Hari Juang Kartika di Tanah Karo

Pangkostrad Pimpin Upacara Hari Juang Kartika di Tanah Karo.

KARO, SUMUTMEDIA.net – Pemandangan di langit Karo tadi pagi, Kamis (15/12/2016) tidak seperti biasanya. Tampak bendera Merah Putih dan bendera kesatuan TNI AD berkibar-kibar gagah pada atraksi terjun payung yang dilakukan sejumlah anggota TNI/Polri menuju Lapangan Bola Samura, Kabanjahe dalam memeriahkan peringatan Hari Juang Kartika 2016. Atraksi itu menjadi hiburan bagi masyarakat Kabanjahe dan sekitarnya yang turut menyaksikan.

Hari Juang Kartika Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) jajaran Kodam I/ BB diperingati dan dipusatkan di wilayah Kodim 0205/TK. Hadir dalam upacara tersebut Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Dalam sambutannya, Pangkostrad menyampaikan pesan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono mengajak kepada seluruh prajurit TNI AD untuk merenungkan kembali salah satu pesan yang disampaikan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

“Satu-satunya hak milik nasional yang masih utuh tidak berubah-ubah, meskipun harus mengalami segala macam persoalan dan perubahan. Prajurit sejati tidak akan menangis karena kematian, Dia hanya menderita melihat penghianatan dan ketidakadilan. Sebagai prajurit harus mempedomani semboyan “Jika hatimu sedang risau pandanglah Merah Putih,” ujar Pangkostrad.

Pada Hari Juang Kartika tahun 2016 mengambil tema  “Melalui Hari Juang Kartika, Kita Mantapkan Jati Diri TNI AD dan Kemanunggalan TNI-Rakyat Guna Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

Sementara hadir dalam acara Hari Juang Kartika Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung dan jajarannya, Wakalpoldasu Brigjen Adhi Prawoto, Perwakilan Gubernur Sumatera Utara, Perwakilan Kejatisu, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, Forkopimda Kabupaten Karo, dan para peserta upacara terdiri dari TNI/Polri, PNS, FKUB Kabupaten Karo, ormas, pelajar dan seluruh masyarakat.

Berbagai rangkaian acara yang digelar, Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi di tabalkan merga suku Karo yakni merga Ginting. Sebab salah satu pahlawan nasional dari Karo bermarga Ginting  yakni Letjen Jamin Ginting.

Adapun para penerjun payung yang melakukan atraksi pada Shorty pertama yaitu Kapten Caj Yose Damayanti dari Kopassus, Serma Subiyantoro dari Kopassus, Kapten Inf Ismail Vijay dari Kostrad, Kompol Kevin, Ipda Bimoseno, Bripka Moh Ibrahim dari Brimob. Shorty Kedua yang membawa bendera Merah Putih dan bendera kesatuan yaitu Sertu (K) Dessy Alvionita dari Kopassus, Serka Zet Lope, Serda Sulaiman, Kopda Suhendar, Praka Yudi dari Kostrad, Briptu Wahyu dan Bripka Syariful dari Brimob.

Dalam memeriahkan peringatan Hari Juang Kartika di jajaran Kodam I/ BB diisi dengan berbagai kegiatan seperti parade kemiliteran, pameran alutsista TNI-AD, penanaman pohon, donor darah, operasi katarak, operasi bibir sumbing, sunat massal  dan hiburan rakyat yang terbuka untuk masyarakat umum ebkerjasama dengan Rumah Sakit Putri Hijau Medan secara gratis.

Penulis : Charles Ginting

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR