Terancam Punah, DPC Himapsi Jaga Kelestarian Tor-tor Sombah 120

Tor-tor Sombah 120. (Foto : Youtube DPC Himapsi)

SIMALUNGUN, SUMUTMEDIA.net – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Mahasiswa Simalungun (HIMAPSI) kota Siantar, kembali memperkenalkan warisan Simalungun yang hampir punah ditelan kemajuan jaman. Kali ini DPC tersebut memperkenalkan tari-tarian etnis Simalungun, yaitu Tor-tor Sombah 120. Penampilan terakhir kalinya dilakukan mereka pada kegiatan acara penampilan Seni Budaya beberapa waktu lalu. Kedepan, pada kegiatan yang sama, sekitar bulan Februari, juga akan ditampilkan.

Ketua DPC Himapsi kota Siantar, Efrin Girsang, yang juga koordinator sanggar Guru Dihar Dean Tor-tor, menyebutkan bahwa penampilan kembali warisan hasanah budaya Simalungun berbentuk tari-tarian tersebut pada jaman dahulu dapat ditampilkan saat musim panen tiba. Penampilan dilaksanakan didaerah kerajaan Simalungun, sementara diketahui juga, suku Simalungun memilki 7 Raja ( Raja Marpitu). Karena, tarian tersebut merupakan tarian sackral.

“Bukan hanya dapat ditampilkan pada musim panen. Tor tor Sombah 120, pada jamannya juga dipersembahkan untuk Raja. Unik Nya tarian Ini dapat ditarikan dengan ritual ritual adat suku Simalungun,” ujar Efrin, via messenger, kemarin.

Dijelaskan dirinya, penampilan tarian diperlukan keahlian keahlian khusus. Sebab, seni kelenturan gerakan yang dipadukan dengan landasan bela diri Dihar (Silat khas Simalungun) merupakan ciri khasnya. Contohnya  seperti manombah tanoh, atau berguling sampai  120 derajat diatas permukaan tanah,dengan kaki terlipat keatas.

“Sayangnya saat ini tor tor 120 mulai hilang ditelan jaman. Untuk itulah kita coba menampilkannya kembali. Saya memiliki  harapan kepada pemuda di Simalungun, mari kita pelajari lagi budaya warisan leluhur yang sudah mulai hampir hilang ini. Selain itu, saya menganjurkan untuk  para kaula muda yang ingin belajar tor tor ini, bisa datang ke sanggar kami sanggar DPC HIMAPSI kota Siantar,” pungkasnya mengakhiri pembicaraan.

Penulis : Hardi

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR