Jong Batak Art Festival 3, Usung Pertunjukan Ritual Topeng

Jong Batak. (ist)

MEDAN, SUMUTMEDIA.net – Rumah Karya Indonesia (RKI) kembali menggelar Jong Batak Art Festival III yang sebelumnya pernah digelar pada tahun pertama dan kedua, Acara ini akan digelar pada 25 sampai 28 Oktober 2016,  di Taman Budaya, Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan.

Berbeda dengan tahun pertama dan kedua, kali ini Jong Batak Art Festival III mengusung tema Topeng.

“Kalau tahun lalu kita lebih kepada pengenalan tentang budaya seperti pargelaran foto, pargelaran seni rupa dan lain-lain, kali ini tema yang diangkat dalam unsur pertunjukan langsung budaya itu, seperti Topeng yang merupakan ritual pertunjukan itu nanti yang kita tampilkan,” Kata Agus Susilo, Sekretaris Jong Batak Art Festival III, ketika dihubungi SUMUTMEDIA.net melalui telepon selular, senin (24/10/2016).

Dijelaskan olehnya, pertunjukkan topeng ini akan di laksanakan pada pembukaan Jong Batak Festival III diikuti 48 komunitas dari berbagai daerah yang ada di Sumatera Utara.

“Dimalam pembukaan yaitu tanggal 25 nantinya kita menampilkan pertunjukan topeng, yang diikuti sekitar 481 orang dari berbagai komunitas,” jelasnya.

Lanjut Agus, Jong Batak Art Festival III ini diharapkan dapat disambut baik oleh masyarakat dan juga, menumbuhkan semangat nasionalisme generasi muda dan merangsang minat generasi muda terhadap karya seni tradisi.

Jong Batak Art Festival merupakan sebuah pergelaran Budaya Batak yang dirangkai dengan pertunjukan seni budaya yakni, Musik, Tari, Rupa, Film, Seminar (Diskusi) workshop dan pertunjukan tradisi.

Penulis : Kevin Sinaga

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR