Melanggar Izin Tinggal, Seorang WNA Asal Malaysia Terancam Dideportasi

Katijah WNA asal Malaysia saat diperiksa pihak Imigrasi Tanjungbalai. (Foto : ETV)

TANJUNGBALAI, SUMUTMEDIA.net – Pihak Imigrasi Tanjungbalai, mengamankan seorang wanita warga negara Malaysia, karena melebihi izin tinggal di Indonesia selama 4 tahun. warga negara Malayasia ini rencannya akan dideportasi ke negara asalnya.

Pagi tadi, tim pengawasan orang asing imigrasi Tanjungbalai, mengamankan seorang wanita warga negara Malaysia karena melebihi izin tinggal selama 4 tahun.

Siti Katijah Azlyn binti Roslin warga Johor Baru, Malaysia, diamankan di rumah orangtuanya di Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, wanita berusia 18 tahun ini selanjutnya dibawa ke kantor Imigrasi Tanjungbalai, untuk dilakukan pendataan lanjutan.

Menurut Katijah, dirinya datang ke Indonesia bermaksud untuk melihat ayahnya seorang warga negara Indonesia  pada 4 tahun silam, berselang sebulan kemudian Kadijah tidak diizinkan oleh ayahnya saat bermaksud akan pulang ke Malaysia.

“Kata Ayah sini aja dulu sebulan, udah sampai sebulan minta pulang marah dia dipukulnya, jadi sampai sekarang gak diantar pulang,” ungkap Katijah kepada wartawan, Rabu (13/10/2016).

Kepada wartawan Katijah juga mengaku kerap dipukuli ayahnya, ketika ia meminta untuk pulang ke Malaysia.

“Udah 4 tahun di sini, sering dipukuli dan dimarahi,” katanya.

Sementara itu, Soiman, Kepala kantor Imigrasi Tanjung Balai mengatakan pihaknya akan melakukan deportasi (pulang paksa) kepada Katijah dan akan memanggil orang tua Katijah untuk dimintai keterangan.

“Kita harus memberikan tindakan administrasi ke Imigrasian yang diataur pasal 78, dia harus kita lakukan deportasi atau pulang paksa kemudian kita akan proses lebih lanjut dan akan kita memberikan penangkalan kepada yang bersangkutan, dan juga kita akan berupaya memanggil orang tua yang bersangkutan untuk dimintai keterangan,” jelasnya Soiman.

Penulis : Kevin
Sumber : Efarina TV

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR