Inilah Rangkaian Kegiatan Pesta Rondang Bittang Ke 31 Tahun 2016 Di Parapat

Rondang Bittang. (ist)

SIMALUNGUN, SUMUTMEDIA.net – Besok, 5000 massa akan ramaikan Pesta Rondang Bittang (PRB) ke 31 yang direncanakan berlangsung di kota turis Parapat, Kecamatan Girsang Sirpangan Bolon, Kabupaten Simalungun.

PRB merupakan pesta kebudayaan masyarakat etnis Simalungun yang dulu disebut ‘Pesta Pariama’ (pesta muda-mudi) tersebut, menurut Asty Nirwana, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pariwisata, pada Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga Pemerintah Kabupaten Simalungun, untuk suksesinya telah mengadakan beberapa kegiatan terlebih dahulu.

(berita terkait :  Rondang Bittang Dan Haornas Akan Meriahkan Kota Parapat )

“Sebelum kegiatan PRB, diadakan beberapa kegiatan lain yang dilaksanakan hari ini, Selasa (27/9/2017). Kegiatan berupa ziarah ke makam Raja Marpitu. Jiarah dilakukan oleh para pemangku kepentingan, pemangku adat, dan keturunan Raja Raya,” ungkap dirinya.

Selain itu, ditambahkan olehnya, terkait ziarah ke makam Raja Marpitu, untuk makam Raja Siantar, Raja Sang Nauwaluh Damanik, yang berada di Bengkalis, Riau. Secara langsung dilakukan oleh Bupati Simalungun, JR Saragih.

“Setelah berziarah, kegiatan Marmuhun (Berdoa) juga dilakukan. Saat ini kegiatan ini tengah berlangsung,” sebutnya.

Untuk schedule acara PRB yang akan berlangsung esok,” jelas Asty, diawali dengan pemukulan alat musik tabuh milik etnis Simalungun, Gondrang.

“Kegiatan direncanakan akan dibuka oleh Bupati Simalungun, JR Saragih. Mengenai perlombaan awal PRB, Rabu (28/9/2016), berupa perlombaan busana pengantin etnis Simalungun, namun diremix bergaya modren. Perlombaan akan diikuti oleh peserta dari 31 Kecamatan se Kabupaten Simalungun, dan malamnya akan diadakan lomba hagualon, Sarunai dan tari-tarian (tor-tor),” ungkapnya.

Disambung olehnya kemudian, kegiatan yang direncanakan selama 3 hari dan dipusatkan di Pantai Bebas, kota Parapat tersebut, dihari kedua, Kamis (29/9/2016) akan diadakan lomba vocal solo dan loma olahraga permainan khas Simalungun, Marjalekkat dan Marsalepper lomba ini diiku. Sedangkan dihari selanjutnya atau penutup, Jumat (30/9/2016),  akan diadakan hiburan dengan menampilkan artis lokal Simalungun dan penyerahan hadiah.

“Kegiatan PRB juga akan diselingi oleh penampilan lagu lagu Simalungun yang dibawakan oleh artis Simalungun. Acara ini juga melibatkan lembaga adat etnis Simalungun, Partuha Maujana Simalungun (PMS),” pungkasnya dan menjelaskan PRB dipusatkan Parapat, merupakan sebagai langkah untuk memperkenalkan salah satu lokasi destinasi wisata nasional, Danau Toba, dan budaya Simalungun yang ada dalam keragamannya.

Dilainnya diketahui, kegiatan PRB juga akan dipadukan dengan rangkaian peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas).

Penulis : Hardi

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR