Terdata 907 Siswa Putus Sekolah Di Kabupaten Simalungun

Ilustrasi

SIMALUNGUN, SUMUTMEDIA.net – Dari hasil data Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun, padatahun anggaran 2015, setidaknya terdapat 907 siswa/i yang mengalami putus sekolah di kabupaten tersebut.

Kualifikasi tersebut, diantara lain untuk jumlah siswa Sekolah Dasar 322 siswa/i dari total siswa 104.700 Siswa, untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) 152 siswa dari total jumlah siswa 37.409 siswa, sedangkan untuk siswa SMA/K ada sebanyak 433 siswa, dari total keseluruhan 29.347 siswa.

Parsaulian Sinaga, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten tersebut, kemarin mengatakan, jumlah siswa putus sekolah tersebut telah mengalami penurunan dari tahun tahun sebelumnya.

“Perhitungan jumlah putus sekolah untuk tahun pelajaran 2016 belum dilakukan. Pada akhir tahun nanti baru kelihatan, namun untuk tahun 2015 sedemikian dan itu telah mengalami penurunan dari tahun tahun sebelumnya,” ujarnya.

Disinggung untuk minat belajar dikabupaten Simalungun, Parsaulian menyebut, kalau perhitungan tersebut dapat terlihat dari tingkatan Sekolah Dasar.

“Untuk tingkatan SD itu dapat terlihat, perhitungan dari tahun 2007 siswa SD sebanyak 113 ribu dan perhitungan kini 104 ribu siswa,” ujarnya seraya menambahkan memang turun jauh, ini disebabkan turunya juga tingkat pertumbuhan kelahiran masyakat kabupaten Simalunngun.

Diungkap olehnya juga, bahwa sejak tahun 2007 hingga sekarang setidaknya ada sebanyak 200 sekolah SD yang di regruping, karena minimnya siswa.

“Itu karena program Keluarga Berencana (KB) berhasil, dan terlihat dari anggka jumlah siswa sekolah dasar, yang berkaitan dengan angka kelahiran,” sebutnya..

Penulis : Hardi

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR