Diskes Simalungun Pastikan Puskesmas Naungan Tidak Terdapat Obat Palsu

obat-obatan. (ist)

SIMALUNGUN, SUMUTMEDIA.net – Komisi IX DPR mendesak semua pihak terkait bergerak menindaklanjuti temuan obat palsu yang beredar di pasaran. Kemenkes, BPOM maupun kepolisian, harus melakukan operasi secara intensif.

“Selain itu mendesak Permenkes Nomor 284/MENKES/SK/III/2007 tentang Apotek Rakyat dicabut,” kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay saat dihubungi di Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, Jan Maurisdo Purba, kepada SUMUTMEDIA.net, kemarin, mengatakan bahwa dirinya dapat memastikan bila di Kabupaten Simalungun, pada instansi yang dinaungi Puskesmas tidak terdapat obat palsu.

“Tidak ada obat palsu ditemukan pada kita. Karena kita melakukan pembelian untuk perbekalan pada Puskesmas atau Pustu melalui E – Katalog resmi. Jadi bisa saya pastika aman,” katanya di seputaran Raya City Hotel.

Disinggung mengenai pada apotik apotik ataupun klinik yang beroperasi di kabupaten itu, Ia belum dapat memastikan soal keamanannya dari penyebaran obat palsu.

“Kalau itu belum bisa pastikan, karena sistem pembelian mereka. Kita kurang begitu mengetahuinya,” sebut Jan.

Penulis : Hardi

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR