Hindari Petugas Bea dan Cukai, 2 Pembawa Barang Ilegal Lompat Kelaut

Kedua tersangka saat mau mencoba kabur dengan melompat dari atas kapal. (ist)

TANJUNG BALAI, SUMUTMEDIA.net – Petugas Bea dan Cukai Tanjung Balai-Asahan, Sumatera Utara, berhasil menangkap dua kapal pelangsir pembawa barang ilegal yakni bawang dan ballpres, dari Malaysia. Rencananya, barang ilegal itu akan di edarkan di kawasan kota Tanjung Balai dan Kabupaten Asahan.

Dalam video milik Bea dan Cukai, dramatis, kedua ABK dan tekong kapal yang berinisial B dan KC nekat lompat ke laut untuk melarikan diri dari tangkapan petugas Bea dan Cukai, namun karena arus yang deras dan cuaca ekstrim, keduanya berhasil ditangkap petugas dan di naikkan ke atas kapal.

Kini barang bukti disita dan kedua pembawa barang ilegal masih menjalani pemeriksaan intensif.

Menurut Firdaus, Kasi P2 Bea dan Cukai, mengatakan penegakan terhadap dua kapal nelayan pembawa ballpres dan bawang lebih dari 3 ton, barang tersebut dibawa dari Malaysia. Mereka tidak masuk dari pelabuhan resmi, melainkan dari pelabuhan tikus milik masyarakat.

“Kita melakukan penegahan terhadap 2 sampan nelayan yang satu bermuatan ballpress dan yang satu lagi bermuatan bawang sebanyak 2 ton, barang-barang tersebut dibawa dari Malaysia, namun kedua kapal ini adalah kapal langsir, mereka mengambil barang tersebut dari tengah laut,” ungkap Firdaus kepada wartawan.

Sebelumnya, Polres asahan menggelar operasi gabungan bersama TNI, Polair dan Dishub Asahan, diperairan Tanjung Balai-Asahan, untuk menekan masuknya barang ilegal dari perairan dan merajia kapal pukat trawl dan pukat tarik yang menyalahi aturan.

Sumber : Efarina TV

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR