Ny. dr Erunita Anggraini JR Saragih Dilantik Menjadi Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun

penyerahan memori kegiatan TP PKK masa bhakti 2011-2016 dari Ketua TP PKK Kab Simalungun kepada Ketua TP PKK Provsu.

SIMALUNGUN, SUMUTMEDIA.net – Ketua Tim Penggrak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Prov. Sumut Ny Hj Evi Diana Erry Nuradi melantik Ny dr Erunita Anggraini JR Saragih menjadi ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun  masa bhakti 2016-2021, bertempat di Auditorium T Johan Garingging, Pamatang Raya, Senin 25/07/2016.

Mengawali pelantikan tersebut, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars PKK dan mars Dekranasda. Pelantikan tersebut juga ditandai dengan penyerahan memori kegiatan TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Simalungun masa bhakti 2011-2016 kepada Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Prov Sumut serta kepada Bupati Bupati Simalungun oleh Ny dr Erunita Anggraini JR Saragih. selanjutnya Ketua TP PKK Provsu menyerahkan piagam penghargaan kepada Ny dr Erunita Anggraini JR Saragih yang telah melaksanakan tugas sebagai Ketua TP PKK masa bhakti 2011-2016.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Prov Sumut Ny Hj Evi Diana Erry Nuradi mengatakan, hasil Rakernas VIII tahun 2015, bidang kelembagaan antara lain disebutkan bahwa kepemimpinan gerakan PKK secara otomatis dijabat oleh istri Bupati, Walikota dan sekaligus sebagai ketua Dekranasda Kabupaten. Oleh karena itu kepada Bupati Simalungun selaku pembina, diharapkan agar berkenan memberikan perhatian dan mengakomodir berbagai tujuan TP PKK dan Dekranasda di daerah, sehingga dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat besar bagi masyarakat guna mewujudkan keluarga sehat, maju dan mandiri serta berbasis ekonomi keluarga yang kuat melalui pembinaan para perajin di daerah.

Ny Evi mengajak kepada seluruh kader TP PKK agar fokus dan berniat, berfikir dan bertindat secara cerdas dalam memajukan keluarga dengan berbagai program, fasilitas, inovasi sesuai dengan kearifan lokal masing-masing dan memperkuat ekonomi keluarga, sehingga dapat meminimalkan benturan dan hambatan yang muncul demi tercapainya kategori ketuntasan dalam bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan dan lain-lain yang menjadi hak keluarga Indonesia.

Kepada Ketua TP PKK yang baru dilantik, untuk segera menyusun kembali keanggotaan TP PKK di tingkat Kabupaten untuk diusulkan dan ditetapkan kembali dengan keputusan bupati dengan mempedomani hari Rakernas VIII tahun 2015. Dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan khusus yang berkaitan langsung dengan tugas dinas dan sekaligus menjadi prioritas program secara nasional agar berkoordinasi dengan instansi terkait, sehingga dapat berjalan dengan baik.

Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya dibacakan oleh Sekda Drs Gidion Purba MSi mengatakan TP PKK merupakan ujung dalam mensejahterakan masyarakat mulai dati tingkat keluarga, nagori (Desa) dan kecamatan melalui berbagai kegiatanyang langsung menyentuh masyarakat, seperti posyandu, pelayan PAUD dan sebagainya. Oleh karena itu kedepan diharapkan TP PKK Kabupaten Simalungun lebih baik lagi dalam melaksanakan pembinaan dan meningkatkan kerjasama dengan mitra pemerintah.

Dikatakan, yang tak kalah pentingya dalam pelantikan ini, juga dilaksanakan pelantikan ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun, terlebih lagi jika kita mengingat bahwa kawasan Danau Toba telah ditetapkan sebagai destinasi pariwisata Indonesia. Untuk itu diharapkan Dekranasda lebih giat mempromosikan hasil kerajinan dari Kabupaten Simalungun seperti tenunan hiou Simalungun, makanan khas daerah ini, batik dan hasil kerajinan lainnya.

Menurut Bupati dalam sambutan tertulisnya itu, usaha pemerintah dalam upaya menyelenggarakan program pembangunan, khususnya dalam pembangunan masyarakat disinergikan dengan TP PKK melalui program-program sektoral yang bekerjasama dengan dinas/badan dan lembaga non pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan amsyarakat.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Prov Sumut didampingi Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Simalungun meninjau hasil kerjinan masyarakat yang di tampilkan pada acara tersebut. Tampak hadir dalam acara itu, Danrindam I/BB, Kasdim 0207 Simalungun, mewakili Kapolres, mewakili Dandenpom I/1 Pamatangsiantar, mewakil Danyonif 122/TS, Ka Bappenas Pemprovsu dan Kadis Perindag Pemprovsu, para pimpinan SKPD dan Camat di jajaran Pemkab Simalungun, para ketua TP PKK Kecamatan serta para tamu dan undangan. (Kevin/rel)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR