Desa Bulu Malando, Sejak Indonesia Merdeka Belum Pernah Dialiri Listrik

Ilustrasi

SIMALUNGUN, SUMUTMEDIA.net – Di hari kesadaran Nasional ini, tepatnya, Senin (18/07/2016), terdapat salah satu hal yang begitu mengagumkan di salah satu Desa di Kabupaten Simalungun. Desa Bulu Malando, Nagori Dolok Parmonangan, salah satu desa di Kecamatan Dolok Panribuan, dengan berpenduduk ratusan Kepala Keluarga (KK) mulai dari Indonesia merdeka, hingga saat ini tidak pernah teraliri listrik.

Uniknya, ketika hal ini dipertanyakan kepada Camat Dolok Panribuan, Walter Malau, via seluler, diwaktu yang sama, malah Walter tidak mengetahui kalau desa tersebut belum dialiri listrik. Sehingga itu yang menyebabkan, desa tersebut tidak masuk kedalam musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) untuk dilakukan peningkatan pembangunan atas desa itu.

“Saya tidak tahu tentang belum masuknya listrik kesana, belum ada laporan yang masuk untuk hal itu” ujar dirinya via seluler.

Pernyataan ini berbeda 360° dari apa yang telah disampaikan olehnya, kepada Wartawan terdahulu, tepatnya di depan Kejari Simalungun, saat itu Walter mengakui kalau desa itu belum terjamah listrik, dan berdalig karena mahalnya arus untuk ke lokasi.

“Ia memang desa itu belum masuk listrik. Gak tau mengapa, mungkin karena mahalnya arus untuk masuk kali yah,” ujarnya kepada wartawan beberapa waktu yang lalu.

Dilainnya, M Purba, warga Desa Bulu Malando mengucap, sehari-hari mereka harus bertahan dengan gelapnya malam. Dan hal telah diusulkan pada pihak Kecamatan.

“Anak sekolah yang kasihan. Kalau ada Pekerjaan Rumah (PR) pakai lampu minyaklah. Belum lagi mereka belajar kalau malam. Efeknya jadi hitam hitam hidungnya. Kalau untuk penerangan ada sih beberapa rumah bertenaga baterai,” ujarnya. (Hardi)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR