Pantai Lumban Binanga Kabupaten Tobasa Butuh Perhatian Serius

Pantai Lumban Binanga, Laguboti dibiarkan tidak terawat. (Foto : Ery)

TOBASA, SUMUTMEDIA.net – Pantai Lumban Binanga Laguboti Kabupaten Toba Samosir, butuh perhatian serius dari Pemerintah setempat. Pasalnya, pantai yang dikenal sebagai objek wisata pasir putih itu kini terkesan dibiarkan.

Akibat tidak terawatnya penataan pantai di Lumban binanga Laguboti, kini tempat tersebut sepertinya sudah dilupakan, beberapa warung tempat berjualan masyarakat, telah rusak total. Begitu juga halnya bangunan tempat bermain yang dibangun oleh pemerintah setempat, tidak berfungsi dan tak bertuan.

Rumput liar dan aceng gondok disekitar pantai, kini tumbuh subur tidak tertata. Hanya beberapa warung tempat berjualan masyarakat sekitar yang bertahan di pinggir pantai.

Akses jalan menuju pantai lumban binanga yang berlobang dan berbatu, membuat para pengunjung berfikir untuk menuju tempat tersebut.

Padahal, pasir putih yang luas, sejuknya berteduh di pepohonan sekitar pantai, dan hembusan angin ombak, jika ditata dengan baik, masyarakat luas akan berlomba datang berkunjung kepantai pasir putih tersebut.

Martha Nababan, salah seorang pengunjung pantai Lumban Binanga yang berasal dari Pematangsiantar mengatakan, pesona alam pasir putih yang letaknya strategis harus perlu diperhatikan secara serius.

“Karena letaknya strategis ya, seharusnya pantai ini lebih dikembangkan lagi, saya lihat sekarang malah semakin tidak terawat,” ujar Martha, kepada wartawan, Sabtu (9/7/2016).

Ditempat terpisah, James Hutajulu, salah satu warga sekitar mengungkapkan bahwa dulunya wisata pantai Lumban Binanga ramai dikunjungi wisatawan tapi karena kondisi pantai yang memprihatinkan wisatawan semakin sepi.

“Dulunya memang pantai ini selalu menjadi favorit bagi para wisatawan, tapi semenjak sampah berserakan dimana-mana, wisatawan semakin sepi,” ujar James.

Sebagai masyarakat sekitar yang peduli terhadap Pantai Lumban Binanga, Laguboti, James mendesak kepada pemerintah agar segera memperbaiki infrastruktur disekitar tepi pantai dan mengelola penataan tepi pantai untuk dapat menarik wisatawan berkunjung ke Pantai Lumban Binanga, Lagu Boti.

“Saya sebagai masyarakat meminta kepada pemerintah agar Pantai Lumban Binanga ini segera diperbaiki, agar pantai ini dapat menjadi daya tarik wisatawan yang datang,” tutupnya. (Ery)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR