5 Destinasi Wisata Yang Menjadi Fokus Pengembangan Presiden Jokowi

Danau Toba. (ist)

SUMUTMEDIA.net – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bersama dengan kabinetnya, dalam kurun waktu sampai tahun 2019 memfokuskan pengembangan pariwisata Indonesia. Sepuluh destinasi wisata direncanakan akan dipoles, dan didorong pertumbuhan ekonominya, berikut lima destinasi diantaranya yang menjadi fokus pengembangan wisata Indonesia tahun ini.

Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Mandalika. (ist)
Mandalika. (ist)

Mandalika Resort merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang terpendam. Tahun ini kawasan yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini akan unjuk gigi dengan penanganan serius pemerintah. Dana sebanyak 2,1 triliun rupiah dipersiapkan untuk pembangunan infrastruktur dasar. Kawasan seluas 1.035 hektar ini juga akan serius digarap menjadi kawasan ekonomi khusus.

Morotai, Maluku Utara

Morotai, Maluku Utara. (ist)
Morotai, Maluku Utara. (ist)

Pulau Morotai saat ini mungkin belum banyak dikenal oleh wisatawan. Namun salah satu surga wisata di Maluku Utara ini menyimpan keindahan yang tiada tara. Laut biru dan pantai putih memesona wisatawan yang mengunjunginya. Bagi anda yang hobi menyelam, ada pula 23 titik penyelaman yang ditumbuhi karang dan dilalu lalangi ikan-ikan cantik. Sebagai landasan perang sekutu pada perang dunia kedua, pulau ini menyimpan sejuta sejarah yang menjadi daya pikat lainnya.

Danau Toba

Danau Toba. (ist)
Danau Toba. (ist)

Selanjutnya ada Danau Toba. Danau terbesar di ASEAN ini mewakili Sumatera Utara dalam daftar destinasi pariwisata prioritas. Danau ini akan didorong pertumbuhannya, dengan memperkuat konektivitas aksesbilitas, baik yang berkaitan dengan pelabuhan, bandara, maupun jalan. Keseriusan pengembangan Danau Toba, diperlihatkan pula dengan membentuk badan otorita Danau Toba yang melibatkan 5 Menteri dalam pembentukannya.

Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. (ist)
Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. (ist)

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menjadi salah satu destinasi yang diperhatikan lebih tahun ini oleh pemerintah, destinasi yang mulai diresmikan tahun 1992 ini, terkenal dengan panorama matahari terbit. Selain Gunung Bromo, puncak Gunung Semeru juga menjadi primadona. Gunung yang termasuk dalam tujuh puncak tertinggi di Indonesia ini, dijuluki Danau diatas awan karena berada di ketinggian 2 ribu 400 meter diatas permukaan laut.

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. (ist)
Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. (ist)

Labuan Bajo merupakan pelabuhan kecil yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pelabuhan yang menjadi pintu masuk ke Taman Nasional Komodo ini, menawarkan ragam aktivitas wisata, sehingga menjadi salah satu destinasi prioritas tahun ini. Lepas pantai Labuan Bajo tidak berjarak jau dengan pulau kecil seperti pulau Bidadari, Kanawa dan Pulau Komodo tentunya.

Berbagai Sumber

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR