Awalnya Jadi Korban, David Nyamar Polisi Meras Pengendara Sepedamotor

0
91
David Hendra, polisi gadungan pelaku pemerasan

sumutmedia.net-MEDAN- David Hendra warga Jalan Platina, Kecamatan Medan Deli, Sumatra Utara. Berhasil ditangkap petugas kepolisian dari Satuan Reskrim Polres Pelabuhan Belawan di kawasan Jalan Lintas Medan Marelan, atas kasus pemerasan terhadap sejumlah pengendara sepedamotor.

Satuan Reskrim Polres Pelabuhan Belawan, Senin 13 Juli 2020 pagi menangkap David Hendra seorang pengangguran yang menyamar menjadi seorang aggota polisi. Selain mengamankan pelaku, petugas menyita satu unit sepedamotor dan handphone hasil kejahatan pelaku yang selalu memeras para pengendara sepedamotor.

Aksi pelaku terlacak setelah salah seorang korbannya buat laporan ke Polres Pelabuhan Belawan. Kemudian polisi pun melacak keberadaan pelaku dan berhasil ditangkap.

jaket berlogo Polda Sumut yang sering dipakai pelaku memerasa korbannya

Dari lokasi petugas menyita sejumlah barang bukti berupa satu buah jaket lambang polda sumut, satu unit sepedamotor dan handphone merupakan hasil kejahatan pelaku yang selalu memeras para pengendara sepdamotor.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan AKP I Kadek mengatakan, dari hasil pemeriksaan petugas kepolisian pelaku sudah beraksi 16 kali dengan menyamar sebagai petugas kepolisian gadungan. Dan pelaku selalu menghentikan pengendara sepedamotor dan merampas barang bawaanya.

Sementara itu pelaku mengatakan, awalnya menjadi korban pemerasan kejahatan jalanan. Kemudian melakukan hal yang sama terhadap calon korban dan pelaku mengaku sudah 15 kali beraksi dan hanya 6 kali yang berhasil memeras para pengendara sepedamotor.

“Kalau uang perasan itu tergantung korbannya, ada yang ngasih Rp50 ribu ada juga yang sampai Rp500 ribu,” kata David.


Untuk mempertanggungjawabkan perbuatan nya pelaku dikenakan pasal 368 junto 378 kuhpidana dengan ancaman sembilan tahun penjara. (Wahyu Pratama, Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here