Indahnya Bonsai Di Kota Stabat

0
47
Indahnya Bonsai Di Kota Stabat

SUMATRA UTARA – Bonsai adalah tanaman hias yang berasal dari Jepang. Dibalik keindahannya bonsai memiliki filosofi yang begitu dalam. Melalui bonsai pula kita bisa mengagumi keindahan alam Jepang dalam 4 musim.

Bonsai adalah tanaman yang dibentuk dengan profesional dalam waktu puluhan bahkan ratusan tahun. Oleh karena itu, bonsai diibaratkan seperti tanaman hias legendaris. Kalangan muda di Kabupaten Langkat kini mulai familiar dengan bonsai, dewasa kini banyak di antara mereka yang mulai menyadari keindahan tanaman ini dan mencoba memelihara untuk pertama kalinya.

Beragam cara dilakukan untuk  mengkampanyekan cinta alam. Seperti komunitas pecinta bonsai di Langkat, Sumatera Utara, yang menggelar pameran dan kontes bonsai. Komunitas Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, mereka menggelar pameran dan kontes tanaman bonsai sambil meng-kampanyekan cinta tanaman.

Bonsai adalah seni menanam pohon yang dikerdilkan dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk aslinya di alam liar. Pameran yang dilaksanakan di bawah Monumen Nasional Amir Hamzah di Stabat Kabupaten Langkat ini berlangsung selama 4 hari yang menampilkan ratusan jenis tanaman bonsai.

Sambil memamerkan tanaman koleksi komunitas bonsai Langkat, para anggota komunitas juga meng-kampanyekan cinta alam, khususnya cinta tanaman, sambil mengajak pengunjung untuk menikmati keindahan tanaman bonsai.

Indahnya Bonsai Di Kota Stabat

Beragam jenis tanaman bonsai dipamerkan dalam acara ini, mulai jenis Kimeng, Kemuning, Asoka, Serut, dan Sianci. Para pengunjung juga bisa mencoba ikut mempraktikkan membuat bonsai, atau membeli tanaman bonsai yang sudah jadi.

Ketua Komunitas Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia Kabupaten Langkat, Tri Wahyu Amami menyatakan, tanaman bonsai memang masih kurang diminati oleh warga umum, namun mereka mencoba mengenalkan tanaman kerdil ini sambil mengajak warga untuk mencintai lingkungan dan alam sekitar mereka.

Harga tanaman bonsai sendiri mulai dari satu juta rupiah hingga puluhan juta rupiah untuk tiap potnya, bahkan ada yang mencapai hingga 800 juta rupiah. (Wahyu )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here