JR Saragih Apresiasi Kelompok Tani Maju Bersama

0
10
JR Saragih Apresiasi Kelompok Tani Maju Bersama

SIMALUNGUN – Salah satu komoditas hortikultura tomat yang dikelola Kelompok Tani Maju Bersama di Desa Bandar Sipinggan, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara mencapai hasil yang memuaskan.

Pencapaian tersebut telihat saat panen raya yang langsung dihadiri Bupati Simalungun JR Saragih bersama Uskup Agung Medan MGR Kornelius Sipayung OFM CUP. Komoditas hortikultura tomat ditanam di lahan seluas kurang lebih 4,5 hektar sebanyak lima belas ribu batang.

Dengan usia penanaman selama kurang lebih seratus hari, hasil produksi dari tanaman tomat tersebut perbatangnya menghasilkan berat empat kilogram. Sehingga untuk sekali panen dengan bibit lima belas ribu batang bisa menghasilkan panen sebanyak 60 ton.

Uskup Agung Medan yang merupakan pembina kelompok tani maju bersama serta sekaligus pemilik lahan mengatakan kebersamaan para kelompok tani akan lebih meningkatkan produksi komoditas hortikultura tomat.

“Saya ingin semua masyarakat dan kelompok tani bergandeng tangan dalam meningkatkan khususnya komoditas hortikultura” ujar Kornelius Sipayung

JR Saragih Apresiasi Kelompok Tani Maju Bersama

Sebagai peran dari pemerintah daerah sendiri, Bupati Simalungun JR Saragih  berharap masyarakat lebih serius melakukan budidaya tanaman tomat. Tentunya dengan mulai mengupayakan secara lebih baik, kedepannya tanaman tomat ini menjadi andalan masyarakat.

“Kita akan terus lakukan pendampingan kepada para kelompok tani baik dari segi bibit , pupuk serta pemasarannya. Dan sesuai intruksi dari Presiden Republk Indonesia , bantuan dari APBN akan disalurkan ke petani agar segala usaha mikro kecil menengah (UMKM) lebih meningkat,” jelas JR Saragih. (Pentanius)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here