Sepasang Anak Orangutan Diamankan Saat Hendak Dijual

0
67
Sepasang Anak Orangutan Diamankan Saat Hendak Dijual

MEDAN Petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) berhasil mengamankan sepasang anak orangutan , dari salah satu rumah warga di Kecamatan Bahorok  Kabupaten Langkat.  Sepasang satwa yang dilindungi tersebut sempat ditawarkan pelaku untuk dijual lewat media sosial.

Setelah mendapat laporan petugas kemudian melakukan patroli pada Kamis malam (9/1) dan menemukan dua anak orangutan itu yang diletakkan dalam dua keranjang buah. Informasi yang diperoleh petugas, dua anak orangutan tersebut sempat dijual pelaku berinisial R melalui media sosial facebook.

Petugas kemudian memboyong kedua satwa tersebut ke Medan. Sementara pelaku sendiri masih diburu karena tak berada di tempat saat penggeledahan.

Sepasang Anak Orangutan Diamankan Saat Hendak Dijual

Adapun dua anak orangutan yang diamankan tersebut berjenis kelamin betina berusia di bawah setahun, dan jantan berusia kurang dari dua tahun. Kemungkinan besar induk kedua anak orangutan ini telah dibunuh pelaku.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser Jefry Susyafrianto mengatakan tidak menemukan pelaku di lokasi dan petugas juga masih memburu pelaku. Sementara itu Kepala seksi P3 BBKSDA Sumut Aminson Girsang menyampaikan saat ini dua satwa yang dilindungi tersebut masih dalam pengawasan ketat petugas dan akan dititipkan ke pusat rehabilitasi orangutan di Batu Mbelin, Kecamatan Sibolangit. Upaya penjualan satwa ini juga resmi ditangani Balai Gakkum Sumatra Utara. (Daniel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here