Potensi Lokal Wujudkan Kemandirian Desa

0
29
Potensi Lokal Wujudkan Kemandirian Desa

SIMALUNGUN – Mewujudkan pembangunan dari desa merupakan sebuah visi yang dilakukan oleh pemerintah melalui Program Dana Desa. Program yang bergulir sejak 2015 ini telah mendorong pembangunan di Desa.

Sebuah langkah yang patut diapresiasi dan tentunya dilaksanakan dengan konsep strategis untuk mencapai hasil yang optimal. Pemerintah menetapkan pola baru dalam pemanfaatan dana Desa se-Indonesia, difokuskan kepada padat karya atau yang benar-benar bermanfaat bagi rakyat di Desa.

Sebagai salah satu desa yang memiliki potensi lokal di Kabupaten Simalungun, Nagori Karang Anyer memiliki objek wisata alam yang bisa dikembangkan untuk kemandirian desa.

Ketua IKEIS DR H. Anton Achmad Saragih melakukan diskusi bersama Pangulu dan Camat Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Dalam pertemuannya, Haji Anton mempertanyakan hal-hal yang dibutuhkan masyarakat dan sejauh mana perkembangan di Nagori Karang Anyer.

Dari berbagai diskusi yang disampaikan terdapat beberapa faktor kendala yang dirasakan masyarakat dalam proses pembangunan di Nagori Karang Anyer. Beberapa foktor diantaranya, akses jalan yang masih rusak di beberapa wilayah, minimnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, perkembangan UKM dan dampak narkoba terhadap generasi muda.

Yusuf Anwar Saragih Pangulu Bandar Malela mengatakan, bahwa Nagori Bandar Malela masih banyak yang harus diperbaiki seperti akses jalan yang masih rusak dan sulit di jangkau.

“Tahun ini kita fokus membangun infrastruktur, termasuk akses jalan desa,” ujar Yusuf Anwar.

Masyarakat juga mengatakan membutuhkan pemimpin yang bisa membantu perkembangan Desa mereka menjadi lebih baik lagi. Meraka juga merasa senang karena diberi kesempatan untuk berdiskusi dan bertukar gagasan membahas pengalokasian dana desa dan kegiatan kemasyarakatan yang berjalan di Kecamatan Gunung Maligas. Sebagai Ketua IKEIS, Haji Anton yang juga aktif di bidang sosial akan menjadi pendengar terbaik dan berusaha memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat. Nantinya diharapkan pengaplikasian dana desa dan persoalan yang terjadi dapat teratasi dan Kecamatan Gunung Maligas dapat berkembang menjadi Kecamatan yang mandiri dan berdaya saing tinggi. (Emi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here