Ribuan Pemudik Kapal Laut Tiba Dipelabuhan Belawan

0
132
Ribuan Pemudik Kapal Laut Tiba Dipelabuhan Belawan

MEDAN – Kapal bantu  angkut penumpang jelang libur natal dan tahun baru 2020, kapal motor doro londa  tiba dipelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Kapal bantu tersebut membawa penumpang sebanyak tiga ribuan pemudik asal Jakarta, Batam dan Tanjung Balai  Karimun.

Arus mudik perantau yang kembali ke kampung halaman di Medan dan sejumlah kota di Sumatera Utara  sudah mulai terlihat saat kapal km doro londa bertolak dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, pelabuhan Batu Ampar Batam dan pelabuhan Tanjung Balai Karimun, tiba di Belawan, Sumatera Utara.

Seluruh penumpang yang telah memadati dua jalur pintu keluar terminal penumpang, yang terbesar ke 3 di Indonesia ini sudah terlihat saat para buruh porter atau pengangkut barang bawaan yang menaiki kapal yang akan menawarkan jasa untuk membawa barang bawaan penumpang.

Ribuan penumpang dengan tertib turun dengan menggunakan tangga garbarata, petugas juga mengawasi barang-barang bawaan penumpang yang mencurigakan.

Untuk menghindari membludaknya pengguna jasa angkutan laut, PT. Pelni juga menambahkan frekwensi kapal motor kelud yang bisanya seminggu sekali kini menjadi seminggu tiga kali.

Kepala bagian oprasi medan belawan Harbin Simamora mengatakan, dalam dua hari ini, penguna jasa angkutan laut yang turun melalui pelabuhan Belawan mencapai 7 ribu penumpang. Mereka merupakan perantau yang kembali ke kampung halaman untuk mengisi libur Natal dan Tahun Baru 2020 nanti. “Setelah menurunkan penumpang, kapal doro londa yang diperbantukan hanya satu trip ini akan kembali bertolak dari pelabuhan Belawan kembali ke bau bau, Ambon Bitung,” ujar Harbin Simamora. (Wp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here