Jelang Natal dan Tahun Baru Harga Cabai Naik Drastis

0
145

SIBOLGA – Harga cabai merah dan bumbu dapur lainnya di pasar Nauli Sibolga, Sumatra Utara mulai mengalami kenaikkan sepekan jelang perayaan hari natal dan pergantian tahun baru 2020.

Menurut sejumlah pedagang cabai merah dan bumbu dapur lainnya, kenaikkan harga dipicu mulai berkurangnya pasokan yang diterima pedagang dari distributor. Lantaran pihak distributor lebih memilih menjual barang-barang mereka secara eceran kepada pedagang yang berada di luar pasar Nauli Sibolga.

Marudut salah seorang pedagang di pasar Nauli Sibolga mengaku, harga cabai merah kini telah mencapai 35 ribu hingga 38 ribu rupiah perkilogram, dari harga sebelumnya sekitar 20 ribu per kilogram. Untuk komuditi bawang merah, bawang putih serta tomat juga mengalami kenaikkan harga mencapai 25 persen dari harga sebelumnya. Sementara untuk jenis sayuran, Marudut mengaku masih menjual dengan harga normal.

“Jelang Natal dan Tahun Baru ini harga cabai yang naik drastis,” Ujar Marudut, Kamis (19/12/2019). Kemudian harga bahan-bahan pokok jenis bumbu dapur, dikeluhkan sejumlah pedagang lantaran sepinya aktivitas masyarakat yang berbelanja. Pedagang berharap, mendekati hari ha Natal dan Tahun Baru nanti, Pemerintah dapat menstabilkan harga bahan pokok, untuk menarik minat pembeli. (BS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here