Jokowi Tetap Pantau Tahapan Reloksi Pengungsi Sinabung

0
91

KARO, SUMUTMEDIA.net – Meskipun tidak datang ke Tanah Karo, bukan berarti Presiden RI Ir. Joko Widodo mengabaikan perkembangan penanganan pengungsi korban erupsi Sinabung. Buktinya, tenaga ahli madya staf Kepresidenan Roy Abimanyu dan Putra Nagara Suryadi melakukan rapat terbatas secara langsung dengan Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH di ruang kerja Bupati Karo di Kabanjahe, Rabu (9/11/2016).

Kedatangan staf kepresidenan bertujuan untuk membantu Pemkab Karo dalam upaya proses komunikasi terkait dengan relokasi Sinabung agar berjalan dengan lancar. “Kita tak ingin ada informasi yang simpang siur dari masayarakat atau media mengenai proses tahapan relokasi pengungsi korban Sinabung,”ujar Roy Abimanyu.

Disampaikannya, agar kedepannya tidak ada lagi informasi yang simpang siur ditengah-tengah masyarakat tentang terkait relokasi pengungsi. Pemerintah daerah harus menjelaskan secara terbuka (transparan) kepada masyarakat mengenai tahapan relokasi yang harus mengikuti persyaratan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Agar jelas dan bisa mengikuti jalur informasi yang resmi melalui Humas pemkab. Presiden tak menginginkan lagi ada kejadian-kejadian demonstarsi dan jatuhnya korban jiwa.

“ Pemerintah Pusat maupun daerah agar tetap berkomitmen untuk segera menjalankan relokasi pengungsi apapun sesuai juknis atau peraturan undang-undang,” ujar Abimanyu.

Dikatakannya lagi, setelah pertemuan ini, kami akan berkomunikasi dengan pusat dan kembali lagi ke Karo dan bekerjasa sama dengan Pemkab Karo untuk forum komunikasi tersebut. Saat ini Presiden sedang menunggu informasi yang jelas tentang bagaimana percepatan relokasi bisa dilangsungkan. Sesuai arahan presiden sebelumnya, kita berkomitmen untuk mempercepat relokasi pengungsi.

Sementara, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH mengapresiasi kedatangan staf kepresidenan ke Kabupaten Karo. Hal ini menandakan pemerintah pusat tetap membantu Pemkab Karo dalam menangani relokasi pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung.

Turut hadir dalam rapat terbatas tersebut, Sekdakab Karo dr. Saberina, MARS, Asisten Pemerintahan Suang Karo-Karo, Asisten Adminstriasi, Kalak BPBD Kab. Karo Ir. Martin Sitepu dan undangan lainnya.

Penulis : Charles Ginting 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here