Komnas HAM RI Kaget Hasil Pilkada Simalungun Belum Kelar Dilantik

0
27

SIMALUNGUN, SUMUTMEDIA.net – Penyidik Komite Nasional (Komnas) Hak Azasi Manusia (HAM), Agus Suntoro, ketika berbincang dengan Sumutmedia.net, Senin (19/09/2016), melalui salah satu social media, menuliskan ekspresi seperti kaget, mengetahui bila hasil Pilkada di Kabupaten Simalungun, sepenuhnya selesai.

Hal ini dikertahui ketika Wartawan meminta pendapatnya soal kabupaten Simalungun, dimana Kemendagri tidak melantik sepasang pemenang Pilkada yang bergulir beberapa waktu lalu.

“Pak mohon ijin minta pendapatnya soal Simalungun,” tanya Wartawan.

“Hahaa, belum kelar kelar,” jawabnya.

Kembali di kabarkan oleh Wartawan terkait kronologis, beberapa waktu lalu, pasangan JR Saragih – Amran Sinaga, telah ditetapkan sebagai pemenang. Namun, berjalannya proses, pelantikan dilakukan hanya untuk pak JR saja, sementara pak Amran tidak.

Sebagai wakil, dirinya tidak dapat dilantik dikarenakan adanya sandungan hukum di luar Pilkada. Berjalannya waktu, pihak pak Amran melakukan peninjauan kembali atas kasusnya yang di tingkat kasasi memiliki vonis 4 tahun.

Melalui PK (peninjauan kembali) oleh penasehat hukum terdakwa Amran, menghasilkan bebas. Dan putusan itu sudah hampir 1 bulan diterima olehnya, bahkan pak Amran, sudah dibebaskan.

“Bagaimana menurut Bapak akan hal itu?. Apakah sudah sepetutnya pak Amran sesegera mungkin dilantik, sebagai wakil?. Apa langkah yang sebaiknya, diambil oleh Mendagri, karena dahulu, pada hasil pemenang Pilkada tidak dilantik sepasang (KDH – wakil KDH) ?,” kembali tanya Wartawan, Agus menjawab, “mereka akan melakukan pengecekkan.”

Penulis : Hardi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here