60 Karateka Pelajar SD Kabanjahe Ujian Kenaikan Tingkat

0
77

KARO, SUMUTMEDIA.net – Sebanyak 60 (Enam Puluh) Karateka Kei Shin Kan merupakan pelajar Sekolah Dasar (SD) Negeri Kota Kabanjahe yang terdiri dari 4 (Empat) Dojo melaksanakan ujian kenaikan tingkat sabuk, selama 2 (Dua) hari berturut-turut, Sabtu (30/7/2016) dan Minggu, (31/7/2016) di Taman Seisu Dewi, Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumut.

Para Karateka peserta ujian kenaikan tingkat yang didominasi penyandang sabuk putih hingga coklat tersebut terdiri dari kalangan perempuan dan laki-laki berasal dari Dojo SD N 1 (SD No.040443) Jln Jamin Ginting Kabanjahe, SD N 7 (SD No.040447) Jln Letnan Mumah Purba Kabanjahe, SD N Simpang Singa (SD No.043934) Jln Rakoetta Brahmana (Ex Jln Kota Cane) Kabanjahe dan Dojo Dispora Jln Veteran Kabanjahe.

Hal ini diutarakan pelatih utama Karate Kei Shin Kan Tanah Karo Sinpei Iwan Tarigan, S.Pd didampingi Sinpei Ardiansyah, Minggu (31/7/2016) kepada wartawan. Dijelaskan, bahwa para Karateka yang terdiri dari 4 Dojo tersebut merupakan didikan khusus yang digagasnya. Karena kegiatan beladiri untuk pelajar SD tersebut, kata Iwan, masuk kategori ekstrakorikuler sekolah.

“Konsep kerjasama ini sengaja kita bangun dengan pihak sekolah dengan tujuan mendidik sejak dini para generasi penerus bangsa agar mengenal seni beladiri yang bermanfaat untuk kebugaran tubuh sekaligus membangun fondasi mental yang berpotensi meminimalisir tingkat kontaminasi pelajar ke arus kenakalan remaja,” ujar mantan Kabid TK SD dan Kakan Satpol PP Kab.Karo itu.

Sedikit beda dengan paparan sinpei Roberto S merupakan pengurus Karate Kei Shin Kan Sumut. Menurutnya, disamping menyehatkan raga dan menghindari tingkat kenakalan pelajar, kegiatan beladiri dapat juga menjadi jembatan meniti karir guna meraih kesuksesan yang bermuara  membanggakan orangtua terlebih-lebih untuk diri sendiri akan keistimewaan skill dan karakter yang teruji.

“Jika ditekuni, kegiatan seni beladiri apapun, khususnya Karate Kein Shin Kan yang tergabung dala Federasi Olah Raga Karate Indonesia (FORKI) dapat menjadi akses meraih kesuksesan. Terlebih-lebih dengan munculnya program O2SN (Olimpiade Olah Raga Siswa/i Nasional) sehingga penjaringan figur atlet dari berbagai siswa/i pelajar di daerah tidak rumit lagi untuk Go Nasional bahkan Internasional,” papar Roberto saat penutupan ujian kenaikan tingkat sabuk 60 karateka, Minggu (31/7/2016).

Secara terpisah, Ketua LSM Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia (KCBI) Kab.Karo Rudi Surbakti didampingi Manager Olah Raga LSM KCBI Hendra Cipta Ginting S,Pdi (Dan V Internasional-Karate Kyokushin) kepada wartawan, Senin, (1/8/2016) mengaku mengapresiasi konsep kebijakan yang diimplementasikan Pemerintah Kabupaten Karo melalui pihak Dinas Pendidikan Karo yang disikapi Iwan Tarigan S,Pd dengan pihak sekolah.

“System yang diterapkan jajaran Dinas Pendidikan Karo ini merupakan kebijakan yang luar biasa dan layak diacungkan jempol. Jujur, saya terharu dengan metode yang sudah terealisasi di 4 Dojo tingkat SD tersebut. Alasannya, sesuai penelusuran Tim LSM KCBI Karo, bahwa biaya untuk program Ekstrakorikuler bagi pelajar itu diinformasikan diadopsi dari Dana BOS,” ujar Surbakti.

Lanjutnya, konsep seperti ini, kata Rudi, sangat-sangat layak menjadi contoh guna penerapan system yang sama diseluruh sekolah di Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Utara terutama di Karo. Karena menurutnya, wujudnyata manfaat penggunaan bantuan Dana BOS yang belakangan ini ditingkatkan pemerintah pusat bagi siswa/i pelajar se Indonesia dinilai sangat tepat karena terlihat secara akurat.

“Soal aturan Juknis BOS nantilah itu, karena sesuai data yang kita himpun dari sejumlah selama ini, bahwa penerapan Petunjuk Teknis (Juknis) dalam realisasi bantuan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) terkesan formalitas. Mirisnya, ketika dana BOS meningkat, justru para ortu siswa termasuk saya sendiri mengalami peningkatan biaya anak sekolah. Uniknya, itu terjadi di sekolah wilayah perkotaan,” tutup Surbakti yang juga merupakan aktivis Forum Masyarakat Sinabung (FORMASI) diamini Hendra C Ginting S,Pdi. (Charles Ginting)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here