Marsal Band : Kebersamaan Pemuda Simalungun Untuk Korban Sinabung

0
24

JAKARTA, SUMUTMEDIA.net – Panda Parulian Saragih, seorang gitaris andalan Marsal Band yang juga piawai memainkan gondang Batak yang sekaligus dipercaya sebagai ketua panitia “Berbagi Kasih Untuk Sinabung Jilid Kedua” hanya dapat mengelus dada mendengar rintik-rintik hujan yang bertubi-tubi jatuh membasahi seluruh areal di Anjungan Sumatera Utara, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (16/7/2016). Padahal saat itu mereka baru saja akan memulai acara penggalangan dana untuk korban erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo.

Meskipun demikian, Panda Saragih dan banyak rekan pemuda Simalungun lainnya tetap melanjutkan kegiatan acara amal tersebut.

13699482_1053805594695374_1018922215_o

Sebagai pemuda yang tulus berbuat untuk kebaikan sesama, Panda Saragih dibantu panitia lainnya yakni, Juhardi Sinaga (wakil ketua), Veronica Sinaga (sekretaris), dan Asri Ivo Tobing (bendahara), tidak kehabisan semangat dan perjuangan.

Sementara lainnya tengah mempersiapkan diri untuk tampil mengisi hiburan berikutnya, di atas panggung Marsal Band terus membakar semangat para pengunjung yang kebanyakan datang dari kalangan pemuda dengan suguhan beragam genre musik saat beberapa lagu khas dari Batak Karo, Simalungun, dan Toba, bahkan Melayu, silih berganti mereka tembangkan. Marsal Band seolah ingin menanamkan pentingnya rasa kebersamaan dan kepedulian kaum pemuda terhadap korban erupsi Gunung Sinabung.

“Yang kita inginkan adalah kebersamaan pemuda-pemuda Simalungun untuk korban Sinabung, itu saja. Tapi rupanya pemuda lainnya seperti Batak Karo, Toba, Melayu, banyak juga yang datang di acara ini,” ujar Panda Saragih ditemui Sumutmedia.net di Anjungan Sumut, TMII, Jakarta, Sabtu (16/7/2016).

Ia meyakini bahwa semangat yang dibangun untuk penggalangan dana amal oleh kalangan pemuda yang datang berkunjung di Anjungan Sumut TMII tersebut adalah karena rasa kepedulian yang mendalam terhadap korban erupsi Gunung Sinabung.

Data Korban Pengungsi

Berdasarkan data pengungsi erupsi Gunung Sinabung Kabupaten Karo per tanggal 29 Juni 2016, sebanyak 533 orang korban pengungsi merupakan kelompok rentan lanjut usia (lansia). Korban lansia tersebut tersebar dari beberapa desa asal mereka seperti Desa Tiga Pancur, Sukanalu, Pintu Mbesi, Sigarang-garang, Jeraya, Kuta Rayat, Kuta Gugung serta Dusun Lau Kawar, Mardinding dan Kuta Tengah.

Menurut Panda Saragih, sebagian besar hasil penggalangan dana amal tersebut akan diserahkan untuk korban pengungsi sebanyak 533 orang lansia, dan sebagian lagi untuk keluarga korban meninggal dunia yang ditengarai sebanyak delapan jiwa.

“Korban meninggal terakhir ini, kabarnya ada delapan orang. Hasil penggalangan dana ini akan diserahkan langsung kepada keluarga korban meninggal, dan sebagian besar lagi untuk korban lansia,” ungkapnya.

Banjir Dukungan Smart

Sementara itu, Humas Simalungun Anak Rantau (Smart) DKI Jakarta, Amoy Saragih Jawak, merasa senang hati dan bangga bisa turut berkontribusi untuk korban erupsi Gunung Sinabung. Komunitas Smart ini mendukung sepenuh hati untuk acara penggalangan dana amal tersebut.

“Lebih kurang 100 anggota Smart turut hadir dan berpartisipasi dalam acara “Berbagi Kasih Untuk Sinabung Jilid Kedua” ini,” ungkap Amoy.

13702255_1053806011361999_1595570402_o

Dalam kesempatan acara penggalangan dana amal tersebut, seluruh anggota dan pengurus Smart yang hadir secara beramai-ramai mereka menyampaikan sumbangsih dana kepada panitia acara.

“Penggalangan dana yang kami (Smart) lakukan ini secara spontanitas saja, sekaligus kami juga ingin Marsombu Sihol dengan para pemuda Simalungun lainnya. Kami senang sekali bisa saling berkumpul dan sekaligus mengumpulkan dana untuk korban erupsi Sinabung,” ungkap Amoy dengan senangnya.

Dukungan Smart Band

Lima anak muda personil Smart Band yang merupakan anggota dari komunitas Smart, tak ketinggalan tampil memukau saat di atas panggung “Berbagi Kasih Untuk Sinabung Jilid Kedua”. Mereka didaulat lebih dulu untuk tampil membawakan dua lagu sekaligus, Serma Dengan Dengan dan Gepe Gerger (lagu rohani Simalungun) sebagai pertanda mengawali berlangsungnya acara penggalangan dana amal tersebut.

Adapun personil Smart Band yakni, Rony Torang Girsang (vokalis), Agus Napitupulu (drummer), Radesman Sagala (gitaris/pianis), Rama Wijaya Made (Bali, bass), dan Jonathan Jauhari (gitaris). Menurut Rony Torang Girsang, acara yang dikemas tersebut sangat bagus dan menarik bagi kalangan anak muda Simalungun yang berada di perantauan Jakarta.

13694188_1053805934695340_1724152978_o

“Acaranya cocok untuk penggalangan dana amal, karena sesama anak rantau harus saling bahu membahu untuk membantu korban gunung Sinabung,” ujar Rony Torang Girsang.

“Dimana pun itu kalo untuk korban bencana alam, Smart Band akan bersedia ikut menggalang aksi sosial. Dan kami juga merasa senang diundang hadir mengisi acara amal tersebut,” ujar Agus Napitupulu menimpali.

Sementara Rama Wijaya Made, pemuda yang aslinya berasal dari Bali itu berharap supaya hasil penggalangan dana “Berbagi Kasih Untuk Sinabung Jilid Kedua” dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

“Jangan sampai hasil dananya ada yang tidak tepat sasaran. Kecil besar dana yang terkumpulkan, jangan sampai ada yang disalahgunakan. Jadi harus sampai kepada korban yang berhak mendapatkannya,” ujarnya penuh harap.

Dukungan lain mengalir dari sejumlah komunitas maupun perorangan seperti, vokalis Irvan Sipayung yang suaranya agak mirip-mirip vokalis Once “Dewa Band”. Dede Rasyid dan Coan Ferianto Purba mewakili Anjungan Sumut TMII. Berikutnya dukungan dari PGKPS Cipayung, Teaterikal Al-Kautsar, Karras, dan Partuppuan Pemuda-Pemudi Saribudolok se DKI Jakarta. Masing-masing suguhan dari komunitas ini tampil unik dan mempesona seluruh pengunjung yang memadati Anjungan Sumut TMII.

Rasa Bangga dan Terharu

Kepala Anjungan Sumut TMII Tatan Daniel merasa terharu dan bangga melihat kepedulian kaum pemuda Simalungun. Dia lantas mengapresiasi dukungan mengalir yang juga datang dari pemuda Batak Karo, Toba, Melayu, dan pemuda lainnya.

“Saya terharu sekaligus merasa bangga karena melihat banyaknya pemuda yang hadir berkumpul dan terpanggil untuk menggalang dana bagi korban Sinabung. Saya juga berterima kasih diberi penghormatan dengan penyematan pin “Berbagi Kasih Untuk Sinabung” oleh panitia,” singkat Tatan Daniel, yang kerap peduli korban erupsi Gunung Sinabung itu.

PIN Untuk Sumut Media

13720548_1053805918028675_1795903430_o

Upaya panitia pelaksana “Berbagi Kasih Untuk Sinabung Jilid Kedua” ini memang tak selalu ditujukan hanya bagi kalangan pemuda saja, tetapi mereka juga menghendaki dukungan dari banyak insan pers dan media.

Perlu untuk diketahui, sebelumnya panitia sudah mempromosikan jadwal penggalangan dana amal tersebut dengan memasang poster-poster di beberapa gereja-gereja dan lapo-lapo Batak di Jakarta. Tak ketinggalan fasilitas medsos pun dijadikan mereka sebagai sarana promosi tambahan acara tersebut.

Pada pertengahan acara tersebut, Panda Saragih memberikan penyematan pin kepada salah seorang insan pers dari Sumut Media, yang memang sudah hadir sejak pukul 10.00 WIB hingga acara berlangsung selesai.

“Penyematan pin ini sebagai bentuk kepedulian pers dalam mendukung suksesnya acara penggalangan dana untuk korban Sinabung. Semoga pada kegiatan “Berbagi Kasih Untuk Sinabung” yang berikutnya, Sumut Media selalu dapat berpartisipasi mendukung kami,” singkatnya.

Sebelumnya, Anjungan Sumut TMII menggelar acara “Pekan Lebaran 2016” dari tanggal 7-17 Juli 2016. Pagelaran dalam menyambut libur Lebaran tahun ini menampilkan, Maladi Entertainment “Variety Show”, Rudang Mayang Batak Karo, Solu Bolon Batak Toba, dan Komunitas Ronggeng Deli Melayu. Selanjutnya, Marsal Band Batak Simalungun, dan terakhir Karmila Group/Ucok Baba Batak Mandailing, Minggu (17/7/2016).

Pada saat bersamaan pagelaran acara “Pekan Lebaran 2016” tersebut, Marsal Band dan komunitas pemuda Simalungun lainnya punya gagasan mulia dan rasa simpati mendalam sehingga mereka sekaligus melakukan aksi penggalangan dana untuk korban erupsi Gunung Sinabung. (EDO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here