Penyebaran IMS Di Kabupaten Simalungun Sangat Tinggi

0
44

174 Orang Penderita HIV Berbaur Dengan Masyarakat

SIMALUNGUN, SUMUTMEDIA.net – Untuk tingkat penyebaran penyakit Infeksi Menular Seks (IMS) di Kabupaten Simalungun sangat tinggi. Ini di sebabkan kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk mempergunakan alat kontrasepsi saat bersegama.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, kepada Wartawan, kemarin, diruangannya.

Dikatakan dirinya, untuk tingkatan wanita Pekerja Seks Komersial (PSK) di kabupaten Simalungun, jumlah nya semakin berkurang.

“Namun itu tidak menjadi dasar kurangnya penyebaran, malah dapat meningkatkan penyebaran IMS, dan IMS merupakan pintu masuk bagi virus HIV, dan terbanyak temuan penyakit GO serta Cipilis,” sebutnya.

Untuk penyakit HIV, dikabupaten Simalungun ada sekitar 174 orang masyarakat yang terkena virus HIV. Penderita HIV itu tidak berada di lokalisasi, melainkan berada di lingkungan masyarakat.

“Pada lokalisasi yang ada di Kabupaten Simalungun, kita tidak menemukan adanya yang terinfeksi virus HIV atau Ziro. Ditemukan mereka pengidap dikalangan masyarakat dan berkehidupan berbaur dengan masyarakat,” ujarnya.

Virus HIV, sambung dirinya, dapat dikunci penyebarannya hingga tidak meningkat ke Aids, penguncian tersebut melalui konsumsi rutin terhadap obat.

“ARV, obat untuk mengunci penyebaran virus bagi mereka yang telah menderita. Obat itu sifatnya untuk mengkerangkeng, obat harus dikonsumsi setiap hari dan dilakukan seumur hidupnya,” ungkap dirinya. (Hardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here