Ribuan Warga Shalad Idul Fitri di Taman Mini Indonesia Indah

0
18

JAKARTA, SUMUTMEDIA.net – Ribuan umat muslim memadati halaman miniatur Tugu Monumen Nasional, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Sebagian besar mereka datang bersama keluarga sejak pukul 06.00 WIB untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah yang diputuskan pemerintah secara resmi digelar pada Rabu, 6 Juli 2016.

Pantauan Sumut Media, selain memadati halaman miniatur Tugu Monas TMII juga banyak warga lain yang membentangkan koran-koran bekas sebagai alas sajadah mereka di hampir setiap ruas jalan yang letaknya tak jauh dari areal tugu tersebut.

Hal itu dilakukan banyak warga karena tempat kosong di halaman tugu tersebut sudah terisi penuh oleh warga yang datangnya sudah lebih awal.

“Di halaman tugu Monas penuh sudah banyak orang, jadi kita pilih tempat di sini (jalan) saja,” ujar Munarsih (45) warga Jalan Bambu Apus, TMII, Jakarta, kepada Sumutmedia.

Sementara, Ashari (40) warga Jalan Pintu 2 Taman Mini mengatakan bahwa dirinya dan keluarga hampir setiap tahun melaksanakan Shalat Idul Fitri di TMII.

Ia mengaku, seperti tahun-tahun sebelumnya setelah usai Shalad ID biasanya banyak warga dari sekitar TMII yang dikenali saling bersalaman dan memohon maaf.

Menurutnya, bagi warga sekitar yang kebanyakan berdagang keliling di TMII juga bisa menjadikan momen tersebut untuk saling bersilahturahmi dengan pihak pengelola maupun karyawan TMII, sehingga hubungan bisa tetap terjalin harmonis.

“Banyak warga saya kenal yang berada dari sekitar Taman Mini datang untuk melaksanakan Shalad ID di sini. Jadi saya dan keluarga bisa saling mengucapkan Idul Fitri serta memohon maaf kepada warga lainnya,” ujar Anshari.

Seperti diketahui, pengelola TMII hampir secara rutin menggelar Shalad Idul Fitri di halaman Tugu Monas, TMII. Selain luas dan banyak pepohonan, areal parkir bagi warga pengunjung sangat dekat ke lokasi tersebut. (EDO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here