Aksi Tolak Reklamasi!!!

0
87

JAKARTA, SUMUTMEDIA.net – Suara sumbang tentang penolakan proyek reklamasi di Indonesia terus digaungkan sejumlah kalangan. Kali ini aksi penolakan dihelat di kawasan Car Free Day (CFD), Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (5/6/2016). Aksi tersebut dilakukan juga dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia, yang jatuh pada hari yang sama.

Rahmat, salah satu massa aksi menuturkan, bumi diciptakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Namun dewasa ini menurutnya, ada kecenderungan tindak pengerusakan yang brutal terhadap bumi, demi mengeruk keuntungan pribadi.

“Untuk itu kami mendesak Presiden Joko Widodo menghentikan semua kegiatan reklamasi di beberapa wilayah di Indonesja. Pasalnya, selain merusak lingkungan, reklamasi yang ditunaikan pengembang di pesisir laut hanya menyengsarakan para nelayan,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, proyek reklamasi tidak menghasilkan keuntungan apapun bagi rakyat. Kerugian yang ditimbulkan tak hanya menyasar pada aspek ekonomi, tapi juga lingkungan, dan kehidupan sosial masyarakat. “Ini tentu jadi hal yang kontraproduktif mengingat Jokowi pernah menegaskan dalam Nawacita, rakyat harus diperhatikan Negara,” ungkapnya.

Sebelumnya juga digelar aksi dengan pesan serupa di Joglo Beerhouse, Kemang, Jakarta, Jumat (3/6/2016). Massa aksi yang tergabung dalam aliansi Jakarta ForBali menyerukan penolakan reklamasi, khususnya di Teluk Benoa.

Rudolf Dethu, ketua panitia acara menjabarkan, reklamasi hanya mengundang bencana dan kerusakan. Oleh karenanya, masyarakat harus berani bersuara melawan kebijakan ini. “Setidaknya hingga Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2014 dicabut,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Diana Gultom, pegiat aliansi Jakarta ForBali. “Hanya ada satu kata: lawan, lawan, lawan!” serunya. (Purnama Ayu Rizky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here