Guru-Guru se Kabupaten Lanny Jaya Akan Gelar Workshop Guru Menulis

0
80

LANNY JAYA, sumutmedia.net – Pegawai Negeri Sipil (PNS) beserta Guru honorer yang bertugas di Distrik Awina – Indawa akan mengelar Workshop Guru Menulis se-Kabupaten Lanny Jaya. Adapun peserta workshop menulis tersebut adalah seluruh Guru lokal dan Guru Kontrak se-Kabupaten Lanny Jaya yang akan digelar pada tanggal 30 April 2016 mendatang.

Acara workshop ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam bidang literasi serta mengajak guru dan siswa agar gemar membaca dan menulis.

“Kita berharap juga nanti setelah kegiatan ini ada output yang dicapai yaitu pembentukan Majalah Pendidikan Lanny Jaya. Majalah ini yang kelak menjadi media para guru dan siswa untuk berkreativitas dibidang tulis menulis,” Ujar Boston Sitohang, S.Pd, selaku Ketua Panitia kepada sumutmedia.net, Kamis (28/4/2016).

Lebih lanjut kata Boston Sitohang, S.Pd yang juga mantan aktivis Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar mengatakan bahwa majalah pendidikan itu nanti kelak bisa menjadi jembatan buat para guru-guru dan siswa untuk bisa saling berbagi pengalaman, ide, gagasan dan metode ajar dari masing-masing guru dan siswa.

“Di Lanny Jaya ini kan jaringan telepon susah, apalagi jaringan internet, belum lagi jarak antara sekolah satu dengan sekolah lain juga sangat jauh. Bagaimana kami guru-guru bisa update dan tahu tentang persoalan dan kemajuan yang terjadi di pendidikan dengan kondisi seperti itu. Nah, makanya dengan adanya majalah ini, semua isu terbaru tentang pendidikan akan diliput disana. Ide-ide yang kami miliki tiap-tiap guru bisa dipertemukan disana tanpa harus bertemu secara langsung, misalnya saya punya metode mengajar berbeda, guru yang lain juga begitu, kan barangkali ada guru-guru punya metode mengajar yang kreatif dan menyenangkan, bisa ditulis, dibagikan di majalah itu,” tutur Boston.

Kegiatan Workshop ini juga akan dimentori dan dilatih secara langsung oleh Jamonter Sianturi selaku Ketua PWI Pegunungan Tengah Papua dan Islami Adi Subrata dari Wartawan Jubi.

Menaggapi hal itu, respon positif disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Lanny Jaya, Aletinus Yigibalom S.Pd, beliau berterimakasih kepada panitia atas upaya dan kerja keras yang sudah dilakukan dalam kegiatan Workshop Menulis ini.

“Kita pikir ini ide yang sangat bagus dan perlu dilakukan dengan segera. Pokoknya setiap ide dan gagasan yang tujuannya membangun pendidikan di Lanny Jaya, akan kita dukung penuh. Apalagi sekarang, guru-guru kalau tidak bisa membuat Karya Tulis Ilmiah, maka tidak bisa mengurus kenaikan pangkat misalnya,” Ujar Aletinus Yigibalom, S.Pd.

Respon positif yang sama juga datang dari Sekda Kabupaten Lanny Jaya, L. Christian Sohilait. Christian mengaku beruntung karena memiliki guru-guru yang kreatif dan selalu memiliki ide-ide segar dalam membangun pendidikan di Kabupaten Lanny Jaya.

“Idenya luar biasa. Kita senang apalagi kalau Majalah Pendidikannya nanti bisa terbit secara berkelanjutan. Membangun pendidikan itu bukan hanya satu cara saja, tapi banyak cara. Dan guru-guru saya sudah membuktikan itu. Kami tetap optimis, Kabupaten Lanny Jaya kelak pasti bisa sebagai pemenang pendidikan di Pegunungan Tengah Papua ini,” tutup Christian Sohilait. (Boston Sitohang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here