Kejari Mukomuko, Bengkulu, Tahan 3 Tersangka Korupsi Dana Pekan Olahraga Provinsi (Porprov)

0
43

BENGKULU, sumutmedia.net – Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menahan tiga tersangka dugaan korupsi dana kontjingen Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) daerah ini tahun 2014 di Kota Bengkulu sebesar Rp 89,9 juta.

“Tiga tersangka dugaan korupsi anggaran kontingen Porprov Kabupaten Mukomuko tahun 2014, kita tahan untuk memperlancar proses penyidikan selanjutnya,” kata Kejari Mukomuko, Sugeng Riyanta, di Bengkulu, Senin (8/2).

Tiga tersangka yang ditahan atas nama DG sebagai KPA, MA sebagai PPTK dan JA sebagai bendahara kegiatan. Ketiga tersangka ditahan di Lapas kelas IIA Malabero, Kota Bengkulu sebagai tahanan titipan Kejari Mukomuko. Tersangka ditahan selama 20 hari pertama untuk menunggu pelimpahan perkara dari Kejri ke PN Tipokor Bengkulu.

Namun, jika dalam persidangan nanti mereka masih diperlukan untuk ditahan, maka masa tahananya akan diperpanjang selama 20 hari tahap kedua.

Sugeng mengatakan, penahanan tiga tersangka dilakukan untuk mengantisipasi mereka melarikan diri, menghilangkan barang bukti dan mengulangi perbuatan yang sama, serta memperlancar proses hukum selanjutnya. Selain itu, pihak Kejari Mukomuko tidak menerima permohonan dari tersangka dan kuasa hukumnya untuk penangguhan penahanan. “Alasan inilah, tiga tersangka kita tahan di Lapas Kelas IIA Malabero, Kota Bengkulu,” ujarnya.

Kejari menjelaskan, indikasi penyimpangan dana kontingen Porprov Mukomuko yang menyebabkan kerugian negara itu, terjadi penggelembungan makan minum, penginapan, dan honorium atlet dan ofisal. Modusnya meminta kwitansi kosong dari dua hotel tempat penginapan atlet kontingan Mukomuko sebelum diberangkatkan ke Kota Bengkulu.

Para tersangka dijerat Pasal 2 dan 3 Undang-Undang (UU) No 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah Undang-Undang No 20 Tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara.

Sugeng menambahkan, jika tidak ada aral melintang berkas perkara dugaan korupsi akan dilimpahkan dari penyidik Kejari Mukomuko ke PN Tipikor Bengkulu untuk disidangkan. “Setelah berkas perkara kita limpahkan ke PN Bengkulu, maka paling lambat seminggu kemudian parkara ini akan di sidangkan oleh majelis hakim PN setempat,” ujarnya.

Sumber : Suara Pembaruan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here