Wakapoldasu Mengharapkan Pelaksanaan Pilkada Susulan di Kabupaten Simalungun Berjalan Dengan Tertib, Aman dan Lancar

0
18

SIMALUNGUN, sumutmedia.net – Wakapolda (Wakil Kepala Kepolisian Daerah) Sumatera Utara Brigjend Adhi Prawoto SH mengaharapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) susulan di Kabupaten Simalungun berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Hal tersebut disampaikan Wakapolda dalam paparannya saat melakukan silahturrahmi TNI/Polri dengan masyarakat Kabupaten Simalungun yang dirangkaikan dengan sosialisasi tahapan, program dan jadwal pemilihan Bupati dan wakil Bupati susulan, bertempat di balei Harungguan Djabanten Damanik, Rabu (3/2).

“Mari kita laksanakan Pilkada dengan aman dan sukses, jangan ada komplik lagi di Simalungun, kita harus menerima siapa menang dan siapa kalah. “Saya tidak menginginkan ada narkis dan kerusakan di simalungun,” kata Wakapolda.

Selain itu, dalam paparan tersebut Wakapolda juga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk benar-benar memberikan perhatian kepada anak-anak dari penyalahgunaan nakotika. “Mari kita jaga dengan betul anak cucu kita dari narkoba, karena narkoba tidak hanya melanda orang dewasa tapi juga anak-anak dan jangan kita biarkan anak-anak kita terlibat dengan narkoba karena akan terjadi los generation,” himbaunya.

Dalam kesempatan itu, Wakapolda dalam paparanya juga menyampaikan antara lain tentang program Nawacita, bahaya ISIS, dinamika lingkungan global – regional dan implementasinya, dinamika lingkungan global-lokal dan implementasinya, implikasi perkembangan lingkungan terhadap kamtibmas, situasi dan kondisi penyelahgunaan dan pengedaran gelap narkotika di Indonesia, Potret permasalahan narkoba di indonesia, trafficking trends of drug, kriminalitas susuai jenis kejahatan periode 2014 dengan 2015, jumlah kriminalitas se-jajaran periode 2014 dengan 2015 dan strategi pencapaian target pertumbuhan ekonomi di sumut.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Simalungun diwakili Sekda Drs Gidion Purba MSi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun sangat mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi tahapan pelaksanaan Pilkada susulan yang diinisiasi oleh KPU Simalungun.

Diharapkan jadwal yang telah di tetapka oleh KPU yaitu tanggal 10 Februari 2016 dapat segera dilaksanakan. “Silahkan semua pasangan calon mencari simpati dari masyarakat pemilih di Simalungun yang berjumlah sekitar 600 ribu jiwa lebih,” katanya.

Dalam mendukung pelaksanaan kegiatan Pilkada ini, Sekda mengatakan Pemkab Simalungun akan menyurati Pemprovsu untuk menetapkan hari libur pada pelaksanaan Pilkada susulan di Kabupaten Simalungun sehingga semua masyarakat dapat melaksanakan pilkada dan diharapkan bisa mencapai 80 persen partitipsasi masyatakat. “Mari tetap kita menjaga dan mempertahan situasi yang kondusif di Simalungun,” himbaunya kepada masyarakat.

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut diwakili Benget Silitonga ST dalam parapannya menyampaikan, dalam Pilkada susulan hanya melaksanakan pemungutan suara sampai dengan rekapitulasi dan tidak adalagi kampaye. “Sosialisasi ini penting dilaksanakan agar para calon dapat menyiapkan segala kelengkapannya dalam menghadapi Pilkada termasuk para saksi,” ujarnya.

Benget juga menyampaikan bahwa pilkada merupakan proses kegiatan pemilihan, yang mulai dilaksanakan dari sifat administrasit sampai kedaulatan rakyat. Kepada para calon peserta Pilkada silahkan mengambil simpati sesuai dengan ketentuan, karena Esensi pilkada adalah rakyat yang menentukan.
“Pasangan calon, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah diharapkan juga ikut mensosialisasi tahapan ini. Kita berharap keterlabatan ini mudah-mudahan memberikan hikmah bagi masyarakat. Mari kita jadikan momen pilkada susulan ini untuk kebaikan Simalungun,” kata Benget

Sebelumnya Ketua KPU Simalungun Adelbert Damanik dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan silahturrahmi TNI/Polri dengan masyarakat Kabupaten Simalungun yang dirangkaikan dengan sosialisasi tahapan, program dan jadwal pemilihan Bupati dan wakil Bupati susulan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan masyarakat tentang pemilihan serta untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk melaksanakan pemilihan.

Hadir dalam kesempatan itu, Pj diwakili Sekda, Kajari, Kapolres, Dandim, Dandenpom, Panwaslu, Komisioner KPU, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, LSM, Orsospol, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun sebagai peserta Pilkada. Dari Poldasu Ditpam Ovit Poldasu Kombes Pol Hari S, Dirintelkam Kombes Pol I Nyoman. (Kevin Sinaga/rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here