KPUD Simalungun Akan Tetapkan Proses Tahapan Pilkada Susulan Setelah Menerima Salinan Keputusan MA

0
93

SIMALUNGUN, sumutmedia.net – Setelah tertundanya Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Simalungun pada bulan Desember 2015 lalu, saat ini Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Simalungun akan menetapkan proses tahapan Pilkada susulan di Kabupaten Simalungun, namun direncanakan setelah KPUD menerima salinan keputusan Mahkamah Agung (MA).

Hal tersebut terungkap saat pelaksanaan acara coffee morning antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) bersama dengan KPUD Simalungun yang dilanjutnya dengan diskusi dalam rangka membicarakan tentang pelaksanaan Pilkada susulan di Kabupaten Simalungun, bertempat di Hotel Sapadia Pematangsiantar, Senin (25/01).

Hadir dalam acara tersebut Pj Bupati Simalungun Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP, Ketua DPRD Drs Johalim Purba, Kapolres Simalungun AKBP Yofie Girianto Putro, Kasdim 0207 Simalungun Mayor Inf Adi Sutrisno, Sekda Drs Gidion Purba MSi, Ketua KPUD Simalungun Adelbert Damanik bersama komisioner KPUD lainnya dan mewakili Panwaslu Simalungun.

Tampak juga hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bupati, Asisten Pemerintahan dan Kesra, kepala badan Kesbangpol, Plt Kadis Kominfo, Kabag Pemerintahan, Plt Kabag Humas dan dari Polres Simalungun serta Staf KPUD Simalungun.

Menurut Ketua KPUD Simalungun Adelbert Damanik, pihaknya akan kembali memprogramkan pelaksanaan proses tahapan pelaksanaan Pilkada susulan tahun 2016 dalam kurun waktu 10 hari seteleh mereka menerima salinan putusan dari MA terkait dengan hasil persidangan terhadap masalah yang terjadi proses tahapan Pilkada pada bulan Desember 2015 lalu.

Adelbert mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan koordinasi untuk pengambilan salinan putusan MA tersebut ke PTTUN Medan. “Kami juga telah menerima informasi dari website MA bahwa pasangan no 4 yakni JR Saragih-Amran Sinaga ikuti kembali dalam pelaksanaan Pilkada susulan yang akan dilaksanakan pada tahun 2016 ini,” jelasnya.

Dengan masuknya pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati No 4 tersebut maka tetap ada 5 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang menjadi peserta Pilkada susulan pada tahun 2016 di Kabupaten Simalungun mendatang.

Pj Bupati Simalungun Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena MA telah memutuskan bahwa proses pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Simalungun akan segera dilaksanakan yang sebelumnya sempat tertunda. Oleh karena itu diharapkan Kabupaten Simalungun dapat tetap dalam suasana yang kondusif.

Terkait dengan proses pelaksanaan Pilkada susulan diharapkan tetap berpedoman kepada PKPU sehingga dapat berjalan dengan lancar.
Binsar berharap pelaksanaan Pilkada susulan di Kabupaten Simalungun dapat terlaksana dengan segera. “Kita berharap dapat terlaksanaan pada bulan Februari 2016 mendatang,” ujarnya.

Kepada KPUD, Pj Bupati berharap dalam melaksanakan proses pilkada susulan ini agar cermat dan teliti sehingga tidak terjadi kesalahan, lakukan koordinasi secara intensif dengan instansi terkait dan KPU juga diharapkan dapat menjadi wasit dalam kegiatan pilkada ini. “Mari kita laksanakan kegiatan ini secara simultan, tidak ada yang di tinggalkan dan tidak ada yang meninggalkan sehingga semua proses pelaksanaan dapat berjalan dengan baik,” tuturnya.

Dalam diskusi tersebut turut dibicarakan tentang proses tahapan Pilkada dan pengamanan seluruh proses tahapan kegiatan Pilkada susulan. (Kevin Sinaga/rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here